Tampil Kuat di Buriram, Rossi Ingatkan Yamaha Agar Tak Cepat Puas

Penulis: Abdi Ardiansyah
Selasa 09 Okt 2018, 20:58 WIB
Tampil Kuat di Buriram, Rossi Ingatkan Yamaha Agar Tak Cepat Puas

Valentino Rossi sempat memimpin balapan MotoGP Thailand 2018 (motorsport images)

Berita MotoGP: Meski mampu bangkit dan meraih hasil positif di Buriram, Valentino Rossi memperingatkan Yamaha untuk tidak berpuas diri dengan peningkatan performa YZR-M1.

Berbekal hasil buruk di Aragon, Rossi dan Vinales tampil di Thailand dengan hasil yang jauh lebih baik. Memulai balapan dari starting grid kedua di belakang Marc Marquez, The Doctor mampu finis keempat, tepat di belakang Vinales yang berhasil naik podium, sekaligus menjadi podium perdana skuat Yamaha setelah paruh musim kedua.

Kendati demikian, sang juara dunia sembilan kali ini mengingatkan Yamaha agar tidak cepat berpuas diri dengan hanya satu balapan.

“Sayangnya, ini risiko [bahwa Yamaha berpikir telah memecahkan masalah mereka], tapi ini adalah mentalitas buruk. Sering kali teknisi kami senang saat Maverick mencatatkan waktu bagus saat tes, mereka mengatakan ‘kami mendapatkannya!’,” ungkap pebalap berusia 39 tahun itu.

“Jika saya jadi teknisi Yamaha, saya akan menganalisa hasil sepanjang paruh kedua musim, dan tidak senang karena hanya satu lap cepat, atau start baris depan.”

The Doctor menilai penampilan kuat Yamaha di Buriram terbantu oleh grip pada trek yang berperan besar atas meningkatnya performa YZR-M1 di sana.

“Di atas kertas, trek ini bukan trek Yamaha. Saya mengira untuk lebih kesulitan, bahkan lebih buruk dari yang kami dapatkan di Misano, di mana kami berharap sedikit lebih kuat di sana,” tambahnya.

“Bagi saya, ini lebih dari layout trek, ini adalah grip berbeda dari aspal yang membantu kami, kurang lebih.

“Jika Anda ingin kompetitif, Anda perlu kuat di manapun, karena saat ini Ducati dan Honda kuat di manapun.

Sempat memimpin balapan selama enam lap, Rossi kehilangan posisinya di pertengahan balapan dan hanya finis keempat setelah didahului rekan setimnya pada fase akhir balapan. 

Rossi juga menambahkan Yamaha harus mampu tampil kompetitif juga pada gelaran MotoGP selanjutnya di Motegi, Jepang.

“Bagi kami, kami kehilangan sesuatu tapi mungkin akhir pekan ini kami meningkat, kita akan lihat di Motegi,” pungkasnya.

Artikel Tag: MotoGP Thailand, Sirkuit Buriram, MotoGP 2018, yamaha, Valentino Rossi, motogp jepang

5841