Takut Cedera Lagi, Marc Marquez Enggan Terlalu Agresif  

Penulis: Abdi Ardiansyah
Jumat 20 Mei 2022, 00:30 WIB
Marc Marquez

Marc Marquez

Ligaolahraga.com -

Berita MotoGP: Marc Marquez mengaku mulai mengurangi gaya balap agresifnya di lintasan sebab hal itu dapat menurunkan risiko cedera karena terjatuh dari sang kuda besi.

Meski belum pernah menginjakkan kaki di tangga podium, Marc Marquez patut diacungi jempol karena mempertontonkan kinerja yang sangat luar biasa. Pria asal Spanyol itu bahkan dua kali menyalip sang pemuncak klasemen sementara pebalap MotoGP 2022, Fabio Quartararo.

Kendati demikian, ia mengaku masih kurang puas dengan kinerjanya. Salah satu contohnya pada seri MotoGP Prancis, Marquez finis P6, tapi torehannya terpaut hingga 15 detik dari pebalap yang pertama kali mencapai garis finis, Enea Bastianini.

Dari balapan tersebut, rider berjuluk The Baby Alien itu belajar untuk tak ambil risiko. Posisinya tidak akan berubah banyak meski mengebut dan mampu memangkas selisih waktu dengan para rival.

“Ketika Anda sangat jauh dari mereka yang di depan, lebih mudah membuat keputusan karena Anda mengatakan, ‘Kenapa saya tidak mengambil risiko sedikit lagi jika saya akan terus sangat jauh?’, menyerang dan mendekat,” ucap Marquez, dikutip dari Motorsport.com.

“Semoga momen itu akan datang, tapi sekarang, mengambil risiko berarti finis 10 detik daripada 15 detik, tapi posisinya tetap sama,” imbuhnya.

Salah satu alasan Marc Marquez untuk mengurangi perilaku nekat di lintasan  adalah kondisi bahunya. Kampiun MotoGP enam kali itu tidak ingin kembali mengalami cedera parah.

“Bahu baik-baik saja, seperti biasa. Pada pramusim, sedikit membaik dan sekarang stabil,” tutur Marquez.

“Saya terus mengelola kekuatan selama akhir pekan dan ketika ada yang menakutkan seperti Warm Up, yang paling menderita adalah lengan. Namun, dalam balapan, kami harus yakin.”

“Dengan tekad, saya harus menahan semampunya sehingga bisa finis keenam, yang mana tidak kami inginkan, tapi itu yang harus dilakukan sekarang,” imbuhnya.

Pebalap berusia 29 tahun tersebut kemudian menegaskan loyalitasnya terhadap Honda. Marquez tidak berpikir untuk hengkang dan masih berhasrat memperjuangkan titel bersama mereka.

“10 tahun, delapan tahun menyenangkan dan dua tidak. Itu adalah skuad dalam hidup saya. Kenapa tidak berhenti di sini? Tergantung,” ia mengungkapkan.

“Saya masih punya motivasi untuk kembali bertarung demi titel, tapi dengan tim ini bukan yang lain. Mungkin dalam 3 atau 4 tahun, saya akan mengatakan apa yang kurang. Apakah pebalap atau tim,” pungkasnya.

Artikel Tag: Marc Marquez, MotoGP 2022, repsol honda

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/motogp/takut-cedera-lagi-marc-marquez-enggan-terlalu-agresif
753  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini