Takaaki Nakagami Pertanyakan Soal Penaltinya di MotoGP Catalunya

Penulis: Abdi Ardiansyah
Senin 07 Jun 2021, 22:15 WIB
Takaaki Nakagami

Takaaki Nakagami

Berita MotoGP: Takaaki Nakagami mengaku bingung dengan hukuman double long lap penalty yang dijatuhkan oleh Direktur Balap MotoGP padanya saat tampil di MotoGP Catalunya.

Honda kembali mengalami pekan yang buruk di MotoGP Catalunya. Kedua pebalap tim pabrikan mereka, Marc Marquez dan Pol Espargaro, gagal finis karena terjatuh. Selain itu, Takaaki Nakagami mendapat hukuman double long lap penalty.

Hukuman pertama dijatuhkan karena Nakagami mengambil jalan pintas di Tikungan 1 dan 2. Setelah itu, ia kembali dikenai sanksi akibat gagal memenuhi long lap penalty pertama. Pebalap berusia 29 tahun itu kebingungan dengan hukuman yang diberikan oleh Direktur Balap MotoGP.

“Saya tidak tahu kenapa saya mendapat sanksi. Pada beberapa titik di awal balapan, saya tidak bisa mengerem pada tikungan pertama dan meluncur lurus. Jadi saya kehilangan posisi lalu setelah dua lap, saya dapat penalty,” ungkap Nakagami dilansir dari Motorsport.com.

“Setelah itu, sungguh disayangkan, saya mendapat long lap penalty kedua karena saya menyentuh garis batas hijau beberapa centimeter. Saya tidak tahu aturan di sini karena saya tidak mendapat keuntungan apa pun dari aksi ini. Saya harus bicara kepada bos tim Lucio Cecchinello tentang penalty,” tambahnya.

Sanksi tersebut membuat pebalap asal Jepang itu kehilangan konsentrasi dan suasana hatinya memburuk. Nakagami pun tidak mampu mempertahankan kecepatannya karena sulit mengendalikan motor. Namun usai melihat Marquez dan Espargaro yang terpaksa mengakhiri balapan lebih awal, ia bertekad untuk terus bertahan.

“Saya tidak bisa menemukan pace saya lagi dan punya feeling buruk di atas motor. Lap terakhir adalah bencana dengan banyak wheelspin di bagian belakang. Saya melihat kolega-kolega saya, Pol Espargaro dan Marc Marquez jatuh dan membuat saya ingin bertahan di atas motor,” tutur Nakagami.

Meski mengalami masalah selama balapan, Takaaki Nakagami mampu finis di zona poin, tepatnya di urutan ke-13. Ia menepis dugaan bahwa pemilihan ban jadi penyebab dirinya mendapat hasil yang kurang memuaskan.

“Saya memasang ban depan keras sehingga dapat menyalip beberapa rider di awal balapan. Setelah lima atau enam lap, saya berjuang dengan sisi ban depan dan saya kehilangan grip di bagian belakang dan lomba menjadi permainan keberuntungan. Motor tidak bekerja dengan baik hari ini, tapi itu bukan salah ban,” katanya berkelit.

“Terlepas dari itu, pace kami tidak sepenuhnya buruk hingga bagian tengah balapan dan seperti yang dilihat, ada banyak crash tapi kami dapat menyelesaikan balapan dan kami mengumpulkan beberapa poin. Kami akan mengambil sisi positif. Kami perlu meningkatkan paket motor untuk menggunakan potensi sepenuhnya,” lanjutnya.

Artikel Tag: Takaaki Nakagami, Honda, MotoGP 2021, motogp catalunya

1344  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini