Suzuki Sebut Peningkatan Motor GSX-RR Jadi Kunci Juara Joan Mir

Penulis: Abdi Ardiansyah
Jumat 04 Des 2020, 21:20 WIB
Joan Mir, tim Suzuki.

Joan Mir, tim Suzuki Ecstar

Berita MotoGP: Suzuki mengungkapkan bahwa keberhasilan Joan Mir menjadi kampiun di MotoGP 2020 tak lepas dari peningkatan motor GSX-RR hasil pengembangan sejak dua tahun lalu.

Joan Mir mampu menjadi jawara di MotoGP 2020 berkat konsistensi performanya sepanjang musim. Meskipun hanya sekali meraih kemenangan, namun dengan tujuh podium membuat koleksi 171 poin Mir sudah tak mampu dikejar oleh para pebalap lainnya.

Suzuki pun mengklaim bahwa keberhasilan Mir tak lepas dari performa motor balap GSX-RR yang tak kalah hebat.

Kepala kru Joan Mir, Frankie Carchedi, membenarkan bahwa GSX-RR yang digunakan ole hMir mengalami peningkatan terutama pada pengereman dan performa yang sudah dibangun sejak 2018.

"Langkah dengan motor itu lebih besar dari yang orang pikirkan. Itu bukan terjadi dalam setahun,” kata Carchedi, dilansir dari Speedweek.com.

“Kami punya rencana dua tahun dan benar-benar memberi Joan waktu selama enam bulan pada tahun lalu. Di mana ia mengendarai motor balap yang pada dasarnya sama. Setelah itu kami membuat banyak perubahan tiap pekan demi pekan sehingga ia bisa memahami motornya," ungkapnya.

Carchedi juga menjelaskan bahwa hasil dari penegembangan ini membuat Mir makin nyaman saat menggeber GSX-RR.

"Kami coba ubah posisinya, karena dia tidak pernah mengeluh soal itu. Saat dia mencobanya, langsung 'wow' kami mencapai dua digit dengan posisi - ketinggian tempat duduk hingga setang dan juga pijakan kaki," ungkapnya.

"Kami gunakan motor lama untuk menemukan set-up yang optimal. Meski banyak yang berubah. Pendekatan Suzuki dimulai dari bagian yang tertinggal. Dan kami mengerjakannya selama musim dingin. Sejak saat itu, kami mengembangkan motor balapnya sedikit demi sedikit," tandasnya.

Artikel Tag: Suzuki, joan mir, motogp 2020

819  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini