Sudah Jatuh Tertimpa Tangga, Andrea Iannone Dilarang Balapan Empat Tahun

Penulis: Abdi Ardiansyah
Selasa 10 Nov 2020, 20:26 WIB
Andrea Iannone

Andrea Iannone

Berita MotoGP: Kiprah Andrea Iannone di MotoGP terpaksa harus berhenti usai penalti larangan balapan yang menimpanya diperpanjang hingga tiga musim kedepan.

Andrea Iannone sebelumnya gagal mengikuti balapan MotoGP 2020 lantaran terjerat kasus doping ketika MotoGP Malaysia 2019. Ia pun dijatuhi sanksi larangan balapan selama 18 bulan dari Federasi Motor Internasional (FIM).

Namun, ia tak tinggal diam dan mengajukan banding sebab tes sampel rambut yang dinilai lebih akurat tak menunjukkan bahwa dirinya mengonsumsi zat terlarang tersebut.

Kemungkinan kontaminasi makanan dan uji sampel rambut yang negatif menjadi pembelaan Iannone untuk membuktikan bahwa dirinya memang tidak bersalah.

Kendati demikian, sebagaimana dilaporkan oleh The-Race, pembelaan yang diajukan oleh Iannone itu tidak diterima. Pengadilan Abritrase Olahraga (CAS) malah mengabulkan tuntutan dari Badan Anti-doping Dunia (WADA) untuk menambah masa hukuman Iannone.

Semula 18 bulan, Iannone kini dilarang membalap selama empat tahun terhitung sejak hukumannya ditetapkan oleh FIM pada Desember 2019.

Keputusan ini pun secara tidak langsung juga mematikan karier Andrea Iannone pada ajang MotoGP. Apalagi, saat masa hukumannya berakhir, Iannone sudah berusia 34 tahun dan tidak memiliki pengalaman berlomba pada ajang Grand Prix kompetitif sejak November 2019.

Sanksi larangan balapan yang diterima Iannone di sisi lain membuat tim Aprilia tak punya banyak pilihan untuk menyusun skuad mereka pada MotoGP 2021. Aprilia sendiri sebelumnya bersikeras menunggu keputusan banding Iannone meski mereka dikabarkan telah mempersiapkan penggantinya dengan jajaran para pebalap top MotoGP.

Crutchlow yang diketahui telah meneken kesepakatan pra-kontrak dengan Aprilia kini digadang-gadang akan menjadi tes rider Yamaha.

Sementara Andrea Dovizioso yang menjadi target utama tim ini kabarnya telah memutuskan untuk rehat dari MotoGP pada 2021 dan beralih ke ajang motorcross.

Kini muncul nama baru dari mantan pebalap MotoGP yang sudah pensiun, yakni Jorge Lorenzo. Kontrak Lorenzo sebagai pebalap penguji Yamaha juga terancam tidak diperpanjang. Lorenzo sendiri juga tak menampik bahwa Aprilia bisa menjadi calon tim yang akan menjadi pelabuhan selanjutnya.

Artikel Tag: Andrea Iannone, aprilia

3559  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini