Soal Pengganti Valentino Rossi, Yamaha Masih Ragu dengan Lorenzo

Penulis: Abdi Ardiansyah
Jumat 16 Okt 2020, 20:40 WIB
Valentino Rossi, Jorge Lorenzo, Yamaha

Valentino Rossi dan Jorge Lorenzo

Berita MotoGP: Direktur Tim Monster Energy Yamaha, Massimo Meregalli, mengaku masih ragu bakal menunjuk test rider-nya, Jorge Lorenzo, sebagai pengganti Valentino Rossi.

Valentino Rossi memang telah dipastikan absen dalam seri balap ke-10 MotoGP Aragon pada pekan ini lantaran dinyatakan positif terkena Covid-19.

Rossi pun harus melakukan isolasi mandiri di rumahnya hingga beberapa waktu kedepan. Namun belum ada kepastian kapan Rossi akan kembali, namun The Doctor diragu bisa kembali mengaspal saat balapan kedua di Aragon pada 23-25 Oktober.

Alhasil, Yamaha saat ini harus berusaha mencari sosok rider pengganti dalam dua balapan tersebut.  Regulasi MotoGP mengatur bahwa tim wajib mendaftarkan pebalap pengganti selambat-lambatnya 10 hari setelah salah satu pebalap menyatakan mengundurkan diri.

Artinya, jika Rossi masih absen dalam balapan seri ke-12 di Valencia pada 6-8 November, Yamaha harus menunjuk sosok pengganti.

Nama Jorge Lorenzo pun langsung muncul sebagai kandidat terkuat, apalagi saat ini ia memegang peran sebagai test rider Yamaha. Lorenzo sejatinya sempat dijadwalkan tampil sebagai wildcard namun batal karena penghapusan jatah wildcard pada tahun ini.

Namun peluang untuk rider berjuluk X-Fuera ini untuk tampil di musim ini rupanya semakin mengecil. Sebab sang Direktur Tim, Massimo Meregalli menyatakan bahwa Yamaha tidak berniat menyiapkan pengganti bagi Rossi pada dua balapan terdekat di Aragon.

Pun jika Rossi masih absen pada balapan di Valencia, Yamaha masih ragu untuk menggunakan jasa Lorenzo. Kurangnya jam terbang Lorenzo dengan motor Yamaha YZR-M1 jadi alasan utamanya.

"Kami belum berbicara untuk menggantikan Rossi di sini [Aragon] tetapi saya rasa kami tidak akan melakukannya. Di tes Portimao, sudah terlihat bahwa Lorenzo memerlukan waktu lebih banyak di lintasan. Dia terlalu lama tidak mengendarai motornya," ujar Massimo Meregalli kepada laman resmi MotoGP.

"Dia kehilangan ritme dan pengeremannya. Jika Vale tidak fit untuk Valencia 1 [GP Eropa] kami memiliki waktu untuk mencari solusi lain," tukasnya.

Penampilan Rossi sendiri di musim ini mulai menunjukkan peningkatan yang cukup signifikan meskipun tak dibarengi dengan hasil akhir yang manis. Meskipun beberapa kali berada di posisi terdepan, The Doctor terjatuh tiga kali beruntun dan mencatatkan rekor buruk dalam tiga balapan terakhir.

Artikel Tag: Valentino Rossi, Jorge Lorenzo, yamaha

2778  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini