Sindir Promotor F1, Bos Honda Puji Ketegasan MotoGP Batalkan Kompetisi

Penulis: Abdi Ardiansyah
Selasa 31 Mar 2020, 15:40 WIB
Sindir Promotor F1, Bos Honda Puji Ketegasan MotoGP Batalkan Kompetisi

Carmelo Ezpeleta, Bos Dorna Sport.

Berita MotoGP: Manajer Tim Repsol Honda, Alberto Puig, memuji ketegasan promotor MotoGP yang cepat ambil keputusan pembatalan MotoGP akibat pandemi virus corona. Ia pun membandingkannya dengan penyelenggara F1, Liberty Media yang ragu-ragu ambil keputusan.

Pandemi virus corona (Covid-19) yang kian merebak luas di seluruh penjuru dunia membuat roda perekonomian serta seluruh aktivitas menjadi lumpuh. Tercatat sudah ada lebih dari 780 ribu orang terinfeksi dan 37.834 orang meninggal dunia per Selasa (31/3).

Situasi ini memaksa berbagai gelaran internasional, termasuk kejuaraan balap dunia dibatalkan dan ditunda, termasuk lima seri pertama MotoGP dan delapan seri pertama F1.

Saat MotoGP telah membatalkan Seri Qatar dan menunda Seri Thailand, Austin, dan Argentina, F1 justru membuat keputusan kontroversial dengan ngotot menggelar seri pertama di Australia pada 13-15 Maret lalu.

Namun, pada akhirnya gelaran ini dibatalkan hanya beberapa jam sebelum sesi latihan pertama digelar, usai McLaren mengundurkan diri karena salah satu krunya dinyatakan positif Covid-19.

Hal inilah yang membuat Puig mengaku bangga pada Dorna Sports, yang bersikap tegas menghadapi situasi kritis ini.

"Saya rasa kami harus sangat bangga dengan pengelola kejuaraan kami," tutur Puig seperti dilansir dari Motorsport.

"Dorna melakukan semuanya dengan pikiran jernih, secara bertahap, dan selalu mendengarkan opini otoritas kesehatan. Mereka mengevaluasi apa yang bisa dan tak bisa dilakukan. Sangat menarik melihat semua grup yang bekerja di kejuaraan ini telah dilindungi," imbuhnya.

Bos tim Repsol Honda ini bahkan menyebut Dorna lebih tegas daripada panitia Olimpiade Tokyo 2020, yang baru memutuskan menunda gelaran pekan lalu.

"Jika dibandingkan dengan F1, dengan institusi sepak bola, atau Komite Olimpiade Internasional (IOC) yang justru ragu-ragu, Dorna telah melakukan apa yang seharusnya memang dilakukan," tandasnya.

"Sejak momen pertama, Dorna sudah menyadari betapa seriusnya masalah ini. Atas alasan itulah, Anda harus benar-benar punya pikiran yang jernih, bersikap cerdas, dan itulah Carmelo Ezpeleta," tukasnya.

Artikel Tag: motogp 2020, Formula 1 2020, Honda

1241  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini