Sempat Incar Lorenzo, Petronas Yamaha Lebih Pilih Quartararo

Penulis: Abdi Ardiansyah
Jumat 14 Jun 2019, 18:45 WIB
Sempat Incar Lorenzo, Petronas Yamaha Lebih Pilih Quartararo

Jorge Lorenzo bergabung bersama tim Repsol Honda.

Berita MotoGP: Manajer Tim Petronas Yamaha SRT, Wilco Zeelenberg, mengaku sempat mengincar Jorge Lorenzo. Namun ia mengungkapkan timnya ternyata lebih tertarik kepada Fabio Quartararo.

Zeelenberg menjelaskan jalan cerita mengapa timnya memilih merekrut Quartararo untuk tampil di MotoGP musim ini, meskipun pebalap muda asal Prancis itu sendiri hampir tidak memiliki pengalaman menjajal motor MotoGP sama sekali.

Awalnya, nama-nama pebalap top seperti Dani Pedrosa dan Jorge Lorenzo sempat masuk dalam list kandidat pebalap tim satelit Yamaha itu. Lorenzo sempat mendapatkan tawaran, tetapi Petronas Yamaha SRT mendapat penolakan karena kala itu organisasi mereka baru terbentuk dan belum bisa menjanjikan apa-apa.

Bahkan berbagai tawaran tidak hanya diajukan kepada Lorenzo, tetapi juga kepada para pebalap lain. Sementara Pedrosa memilih untuk mengakhiri kariernya di kompetisi MotoGP dan kini hanya mengambil peran sebagai pebalap pengembangan KTM.

 “Kami berdiskusi dengan banyak pebalap. Ketika Jorge keluar dari kontrak Ducati sehingga ia masuk daftar kami, tetapi kemudian ia pergi bahkan pada tahap yang sangat awal. Kami berdiskusi di saat-saat ketika kami tidak bisa menjanjikan apa pun pada siapa pun,” ungkap Zeelenberg, mengutip dari Crash.

“Ketika Dani memutuskan pensiun maka pada dasarnya semua opsi terbuka dan itu terserah kami. Saya jelas membuat daftar. Johan (Stigefelt, Team Principle Petronas Yamaha SRT) juga membuat daftar. Petronas tidak tahu pebalap mana yang harus dituju,” imbuhnya.

Melalui daftar nama yang telah dikantongi, nama Fabio Quartararo berada di posisi teratas. Karena itu, tanpa pikir panjang keduanya pun memilih Quartararo untuk bergabung dari Moto2 dan naik kelas ke MotoGP.

Beruntungnya, pebalap muda itu mampu menunjukkan hasil yang sangat luar biasa. Pebalap yang berstatus rookie itu bahkan telah mengalahkan rekor peraih pole termuda yang sebelumnya dicatatkan oleh Marc Marquez.

Artikel Tag: Petronas Yamaha SRT, MotoGP 2019, Fabio Quartararo, Jorge Lorenzo

1964  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini