Secuil Sejarah Menarik Seputar GP Jerman

Penulis: Ruddy
Kamis 12 Jul 2018, 16:00 WIB
Secuil Sejarah Menarik Seputar GP Jerman

Honda paling mendominasi Sachsenring. (Cycle News)

Berita MotoGP: Jerman adalah salah satu negara dengan hasrat balapan yang paling tinggi. MotoGP Jerman adalah salah satu gelaran paling bersejarah dalam perhelatan MotoGP. Dan sirkuit Sachsenring menyajikan begitu banyak fakta menarik untuk disimak.

Tahun 1952 menjadi tonggak sejarah Jerman menyelenggarakan balap motor. Saat itu, balapan digelar oleh Jerman Barat, di Sirkuit Solitude. Sementara Sachsenring yang berada di kawasan Jerman Timur, baru memulai event balap pada tahun 1961, dan tak pernah berhenti hingga tahun 1972.

Pada era 1952 hingga 1990, ada 4 sirkuit yang digunakan untuk balap motor yang kala itu masih bernama Grand Prix. Sirkuit tersebut adalah Solitude, Schotten, Nurburgring dan Hockenheim.

Sejak penyatuan Jerman Barat dan Timur, event balap pada tahun 1991 hingga 1994, dipusatkan di Hockenheim. Kemudian Nurburgring menjadi tuan rumah selama tiga tahun berikutnya. Di tahun 1998, ajang balap motor paling bergengsi tersebut dipindahkan ke Sachsenring, dan terus bergulir hingga kini.

20 tahun menyelenggarakan balapan, Honda menjadi pabrikan paling sukses di Sachsenring, dengan torehan 14 kemenangan, termasuk 8 gelar juara yang direbut oleh Marc Marquez. Sementara Yamaha, hanya memiliki 4 kemenangan yang dipersembahkan oleh Valentino Rossi dan Max Biaggi, masing-masing dua kemenangan.

Sedangkan Ducati, hanya sekali meraih kemenangan di Sachsenring, pada masa Casey Stoner di musim 2008. Ducati pun memiliki 5 podium lainnya, yang diraih oleh Troy Bayliss di posisi 3 (2003), Loris Capirossi posisi 2 (2007), Casey Stoner posisi 3 (2010), dan Andrea Dovizioso posisi 3 (2017).

Suzuki hanya memiliki dua buah kejayaan di Sachsenring. Satu kemenangan direbut oleh Kenny Roberts Jr. di musim 1999, serta posisi 3 di musim 2008 persembahan Chris Vermeulen.

Akhir pekan ini, sejarah akan terus tercatat di Sachsenring. Apakah Honda yang akan memperpanjang dominasinya? Ataukah Yamaha dan Ducati yang meraih kejayaan?

Kita tunggu saja.

Artikel Tag: motogp, Berita MotoGP, gp jerman, Sirkuit Sachsenring, repsol honda, Marc Marquez, dani pedrosa, Valentino Rossi, Maverick Vinales, yamaha, Ducati, Andrea Dovizioso, Jorge Lorenzo

3792