Sebabkan Insiden di Jerez, Iker Lecuona Dijatuhi Hukuman Penalti

Penulis: Abdi Ardiansyah
Sabtu 15 Mei 2021, 12:15 WIB
Iker Lecuona

Iker Lecuona

Berita MotoGP: Iker Lecuona mendapat kabar tidak menyenangkan saat sedang menjalani latihan bebas MotoGP Prancis, ia mendapat penalti tiga detik usai memicu insiden di Jerez.

Hukuman yang sangat berat harus diterima Iker Lecuona, yang berusaha memenuhi tuntutan untuk keluar dari dasar klasemen. Ia dijatuhi hukuman penalti tiga detik karena telah memicu insiden yang mengakibatkan Alex Marquez terjatuh saat balapan di seri sebelumnya di Jerez.

Akibatnya, Lecuona kehilangan poin dan merosot dua posisi dari 15 ke 17. Sanksi tersebut otomatis membuat Luca Marini dan Valentino Rossi yang berada dibelakangnya masing-masing naik satu posisi.

Marini, yang merupakan pebalap Sky VR46 Esponsorama Racing tersebut lantas mengantongi satu poin, sementara Rossi tetap tak mendapat poin.

Dengan hilangnya satu poin berharga, Lecuona kembali menghuni peringkat bawah klasemen sementara, hanya lebih baik daripada Tito Rabat, yang kembali ke MotoGP untuk menggantikan Jorge Martin yang mengalami cedera.

Arm pump di lengan kanan Lecuona membuatnya kesulitan untuk memberikan penampilan terbaiknya, meski sudah menjalani operasi ketika jeda antara balapan di Qatar dan Portugal.

Bos Tech3, Herve Poncharal, bahkan sudah putus asa melihat kinerja pebalap berusia 21 tahun itu.

“Saya tak bisa berkata apa-apa tentang Iker saat ini. Saya pikir dia kehilangan segalanya,” ujar Poncharal seperti yang dikutip dari laman Motorsport.com.

“Ketika saya ingat Iker di awal tahun lalu, dia penuh energi, kadang dia melakukan kesalahan tapi tetap mendorong. Musim ini, tak ada yang bekerja, tak ada yang bersinar. Ya, kami memang dapat poin, tapi sangat menurun,” tambahnya.

Dalam sesi latihan bebas pertama di Le Mans, Lecuona finis di urutan ke-15, selisih 20,277 detik dari Jack Miller, pemimpin sesi tersebut.

Artikel Tag: Iker Lecuona, Tech3, MotoGP 2021, MotoGP Spanyol, MotoGP Prancis, Alex Marquez

1451  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini