Rossi Tak Masuk Kriteria Petronas Yamaha, Lantas Bagaimana?

Penulis: Abdi Ardiansyah
Sabtu 05 Sep 2020, 20:55 WIB
Rossi Tak Masuk Kriteria Petronas Yamaha, Lantas Bagaimana?

Valentino Rossi

Berita MotoGP: Petronas Yamaha SRT harus melakukan penyesuaian karena akan kedatangan Valentino Rossi di MotoGP 2021. Pasalnya, tim asal Malaysia tersebut sejatinya punya filosofi mengembangkan rider muda potensial.

Beberapa penyesuaian harus dilakukan Petronas Yamaha SRT setelah bakal menjadi pelabuhan Valentino Rossi di MotoGP 2021.

Valentino Rossi sudah dipastikan akan tergusur dari tim pabrikan Yamaha untuk MotoGP 2021 mendatang setelah posisinya bakal digantikan oleh Fabio Quartararo.

Rossi memang mendapatkan perpanjangan kontrak dengan Yamaha namun ia tak lagi menjadi pebalap tim pabrikan. Bertukar tempat dengan Quartararo, Rossi akhirnya memilih melanjutkan kariernya bersama tim Petronas Yamaha SRT yang merupakan tim satelit Yamaha.

Kepindahan Rossi ini pun tak berjalan mulus. Rossi dan Petronas Yamaha SRT berbeda pendapat soal susunan mekanik dan tim teknis The Doctor musim depan. Sementara Rossi sendiri merupakan pebalap yang nyaris tak pernah mengubah susunan krunya, Ia bahkan selalu membawa rombongannya tiap ganti tim.

Keinginan Rossi ini lantas ditentang oleh Petronas Yamaha SRT. Mereka memperbolehkan Rossi membawa hanya sebagian kecil kru.

Manajer Tim Petronas Yamaha SRT, Wilco Zeelenberg, keberatan dengan sikap ngotot Rossi untuk mempertahankan krunya. Ia juga menjelaskan bahwa sebenarnya Rossi sudah tak masuk kriteria pebalap Petronas Yamaha SRT yang bertujuan mengembangkan talenta-talenta muda.

Beruntungnya, Zeelenberg mengaku bahwa Petronas Yamaha SRT mendapatkan hak untuk menentukan personel kru bagi The Doctor musim depan.

"Valentino Rossi mendapatkan keinginannya namun kami mendapat tanggung jawab utama untuk hal ini," ujar Zeelenberg, sebagaimana dilansir dari Motorsport.

"Kami tentu mempersiapkan tim ini untuk masa depan dan kami tidak bisa memungkiri bahwa Valentino Rossi masih punya waktu setidaknya satu musim lagi."

"Dia luar biasa bagus untuk orang seusianya, namun dia sudah tidak lagi merepresentasikan sebuah masa depan. Kita berbicara tentang pembalap-pembalap muda untuk masa depan, dan bukan Valentino."

"Jadi kami ingin menemukan sebuah perpaduan dan kami juga mengambil tanggung jawab untuk menentukan siapa yang akan kami rekrut ke tim kami," pungkasnya.

Rossi sendiri akan mendapatkan kontrak di tim Petronas Yamaha SRT dengan hanya berdurasi satu tahun namun dengan opsi perpanjangan.

Artikel Tag: Valentino Rossi, motogp 2020, yamaha

2866  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini