Rossi Sudah Tahu Bakal Didepak Yamaha Sejak Musim Lalu

Penulis: Abdi Ardiansyah
Jumat 07 Feb 2020, 18:38 WIB
Rossi Sudah Tahu Bakal Didepak Yamaha Sejak Musim Lalu

Valentino Rossi

Berita MotoGP: Valentino Rossi mengaku tidak terkejut dengan keputusan Yamaha mendepaknya dari tim pabrikan dan menggantikannya dengan Fabio Quartararo. Bahkan Rossi sudah lama memprediksi hal ini bakal terjadi.

Performa Rossi di MotoGP 2019 menjadi penampilan terburuknya dalam beberapa tahun ini. Bahkan pebalap berjuluk The Doctor ini terakhir kali menapaki podium kemenangan adalah ketika MotoGP Belanda di Sirkuit Assen tiga tahun silam.

Posisinya juga kian terdesak dngan kemunculan sosok rider muda, Fabio Quartararo, yang selalu menunjukkan prospek yang bagus sejak meraih pole position pada seri keempat MotoGP 2019 di Sirkuit Jerez.

Kendati sama sekali belum pernah mencicipi kemenangan, namun Quartararosukses meraih tujuh kali finis di podium pada musim perdananya di kelas tertinggi, bahkan ia sempat dua kali hampir mengalahkan Marc Marquez.

Catatan itu berbanding terbalik dengan raihan Rossi yang hanya mampu mengumpulkan dua kali finis di podium saja.

Melihat kondisi tersebut, Rossi pun mengaku sudah paham bahwa dirinya bakal tergusur dari skuat utama Yamaha sejak MotoGP Thailand 2019.

"Sejujurnya, saya tidak terkejut akan hal itu, sedari bulan Oktober saat balapan di Thailand," ujar Rossi seperti dilansir dari Marca.

Dalam balapan tersebut, Quartararo hampir bisa mengalahkan Marquez. Meskipun akhirnya rider tim Repsol Honda itu bisa mengatasi perlawanan Quartararo dan mengunci titel juara dunia kedelapannya.

"Saya melihat bahwa performa yang ditunjukkan Quartararo mampu mengubah situasi ini, tanpanya saya akan mempunyai lebih banyak waktu lagi di sini," ungkapnya.

The Doctor pun enggan memaksakan dirinya, lantaran ia sadar betul sudah tak lagi kompetitif saat ini.

"Saya sangat memikirkan hal itu, namun saya juga tak ingin mempertahankan tempat saya dan kemudian tidak mampu tampil kompetitif," ucapnya.

"Pertemuan dengan Lin Jarvis (managing director Yamaha) itu adalah hal yang normal. Anda berpikir ini adalah tahun terakhir saya di tim pabrikan, tetapi jika saya masih akan membalap dan pindah ke tim lain itu adalah hal kecil lainnya," pungkas rider yang akan memasuki usia 41 bulan ini.

Artikel Tag: Valentino Rossi, MotoGP 2019, yamaha

4110  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini