Rossi Merasa Yamaha Mulai Kompetitif Lagi

Penulis: Abdi Ardiansyah
Minggu 16 Jun 2019, 15:00 WIB
Rossi Merasa Yamaha Mulai Kompetitif Lagi

Valentino Rossi

Berita MotoGP: Yamaha akhirnya mulai menunjukkan tanda kebangkitannya di Sirkuit Barcelona-Catalunya. Pabrikan Garpu Tala itu pun berhasil menempatkan keempat motornya di jajaran teratas pada kualifikasi GP Catalunya.

Dari hasil kualifikasi, Yamaha berhasil menempati posisi lima besar. Namun penalti yang dijatuhkan kepada Maverick Vinales membuatnya harus turun dari posisi ketiga menjadi posisi keenam.

Sementara itu Valentino Rossi yang baru saja mengalami salah satu Grand Prix terburuknya di Mugello, kini menunjukkan performa yang menjanjikan dengan menempati posisi grid keempat.

Ia juga yakin Yamaha bakal tampil kompetitif lantaran mampu menempatkan seluruh motornya di posisi teratas pada kualifikasi.

“Hari ini adalah hari yang baik, karena kecepatan saya berlanjut setelah kemarin, dan Yamaha sepertinya kompetitif di sini. Empat motor di lima besar kualifikasi. Ini berita bagus untuk kami,” ujar Rossi

Terlepas dari hasil kualifikasi, pebalap Italia itu tetap menegaskan pentingnya memilih kombinasi kompon ban depan-belakang yang tepat.

 “Ban belakang, misalnya. Terbuka untuk ketiganya [kompon hard, medium, soft]. Kami perlu berkonsentrasi, berpikir dengan baik, mencoba menemukan kombinasi tepat bagi kami dan melihat apa yang terjadi saat balapan nanti.”

Rossi kemudian mengaku heran dengan hilangnya grip di trek Catalunya. Walau telah diaspal ulang pada 2018, namun para rider masih kesulitan untuk mencetak waktu lap secepat musim lalu.

Catatan waktu yang dibukukan polesitter Fabio Quartararo bahkan lebih lambat 0,804 detik dari rekor pole milik Jorge Lorenzo pada 2018. Selain itu, simulasi race pace saat sesi latihan mengindikasikan penurunan performa untuk long run.

Barcelona seperti ini sejak lama. Tahun lalu mereka mengaspal ulang sirkuit, jadi trek trek memiliki grip. Faktanya, pole position lebih cepat 0,8 detik dibanding tahun ini, termasuk juga kecepatan,”  imbuh Rossi.

Artikel Tag: Valentino Rossi, MotoGP 2019, yamaha

1289  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini