Piala dunia Rusia 2018

Kalah Lagi dari Honda dan Ducati, Rossi Beberkan Sumber Masalah Yamaha

Penulis: joe
Jumat 10 Agu 2018, 13:45 WIB
Kalah Lagi dari Honda dan Ducati, Rossi Beberkan Sumber Masalah Yamaha

Yamaha

Berita MotoGP : Yamaha kembali mendapat keluhan, kali ini untuk yang kesekian kalinya Valentino Rossi meminta Yamaha agar segera membenahi sektor elektronik pada motor Yamaha YZR-M1 miliknya agar dapat bersaing dengan Honda dan Ducati.

Rossi kembali menegaskan permasalahan Yamaha pada musim ini adalah pada perangkat elektroniknya. Pria asal Italia tersebut bahkan perangkat elektronik motor merupakan sumber permasalahan Yamaha saat ini.

Sebagai bukti nyata, fenomena yang terjadi saat balapan pada MotoGP Ceko di Sirkuit Brno pekan lalu, Rossi start dari urutan kedua dan sempat memimpin balapan. Namun berjalannya waktu Rossi perlahan berhasil disalip oleh Andrea Dovizioso, Jorge Lorenzo dan Marc Marquez.

"Yamaha membuat kesalahan dengan pendekatannya terhadap spesifikasi unit elektronik," ungkap Rossi.

"Itu dirancang untuk mengurangi kesenjangan antara motor pabrikan dan satelit, jadi ada lebih banyak balapan yang kompetitif, Yamaha percaya ini."

"Namun pabrikan lain menemukan cara untuk membuatnya berfungsi seperti kustom elektronik."

"Honda dan Ducati memiliki pendekatan lebih agresif, sementara Yamaha lebih sedikit lebih tenang dan dalam hal ini kami harus mencoba dan mendorong mereka," Rossi menambahkan.

Peraturan perihal perangkat elektronik akan diberlakukan peraturan baru oleh MotoGP, pada pekan lalu MotoGP mengumumkan pengenalan baru yaitu Inertial Measurement Unit (IMU). Hal tersebut bertujuan untuk menyamaratakan performa setiap motor yang berlaga di MotoGP.

"Situasinya akan sama untuk semua orang, dan kami tidak berharap IMU dapat membantu situasi. ungkap Kouji Tsuya selaku pimpinan proyek Yamaha MotoGP.

"MU kami saat ini lebih baik daripada IMU terpadu musim depan. Mungkin setidaknya kami dapat mempertahankan kinerja saat ini, tetapi kami rasa itu tidak dapat membantu kami."

Artikel Tag: Valentino Rossi, yamaha, Honda, Ducati, MotoGP 2018

2689