Rossi Kembali Kritik Masalah Performa Ban Michelin

Penulis: Abdi Ardiansyah
Senin 07 Sep 2020, 23:10 WIB
Valentino Rossi

Valentino Rossi

Berita MotoGP: Rider Monster Energy Yamaha, Valentino Rossi, kembali mengomentari masalah performa ban Michelin yang tengah jadi sorotan di MotoGP 2020.

Ini bukanlah kali pertamanya Rossi mengkritik produsen penyuplai ban MotoGP tersebut di musim ini. Pada seri pembuka MotoGP Spanyol, The Doctor merasa kinerja ban belakangnya kurang mumpuni ketika melaju di temperatur aspal yang tinggi.

Pada kali ini The Doctor merasa masih adanya penyimpangan soal performa ban Michelin hingga MotoGP musim ini telah menyelesaikan lima balapan.

"Sulit untuk mengatakannya karena meskipun perbedaannya kecil, itu mampu membuat perbedaan besar," ujar Rossi sebagaimana dilansir dari Motorsport-total.

"Kami bekerja sama dengan Michelin untuk mencapai standar yang baik. Ini bagus, tapi terkadang salah satu ban bekerja lebih baik dari yang lain," tandasnya.

Rossi merasa tidak semua pebalap bisa memaksimalkan kinerja ban Michelin meski menggunakan kompon yang sama. Rossi bahkan menyebut memilih ban Michelin seperti bermain poker karena untung-untungan.

"Saya tidak ingin mengatakan ini seperti poker, karena jarang terjadi, ada andil dari pembalap, gaya balap, serta setelan motornya," ujar Rossi

"Terkadang ban yang sama bekerja dengan baik untuk satu pebalap Yamaha namun tidak demikian dengan pembalap lainnya. Masalah ini tidak sederhana, tetapi inilah motorsport," tandasnya.

Manajer Michelin, Piero Taramasso, pernah mengungkapkan bahwa kesulitan yang dialami oleh Rossi berasal dari gaya balapnya sendiri dan bukan dari ban.

"Valentino Rossi mempunyai gaya balap berbeda. Dia lebih sedikit merebahkan motornya daripada pembalap lain. Dia menghasilkan banyak tekanan di sisi luar ban. Hal itulah yang membuat temperatur ban cepat meningkat," ujar Piero Taramasso sebagaimana dilansir dari Corsedimoto.

Artikel Tag: Valentino Rossi, motogp 2020, yamaha

626  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini