Quartararo Seolah Jadi Sosok Rider Gabungan dari Lorenzo dan Rossi

Penulis: Abdi Ardiansyah
Rabu 02 Sep 2020, 22:50 WIB
Quartararo Seolah Jadi Sosok Rider Gabungan dari Lorenzo dan Rossi

Fabio Quartararo, tim Petronas Yamaha SRT.

Berita MotoGP: Fabio Quartararo dinilai punya kemiripan dengan duo pebalap terbaik yang pernah dimiliki Yamaha, yakni Valentino Rossi dan Jorge Lorenzo

Yamaha sendiri pernah memiliki tim impian ketika diperkuat oleh Rossi dan Lorenzo. Keduanya telah mempersembahkan total tujuh gelar juara, empat disumbangkan oleh Rossi dan tiga oleh Lorenzo.

Lorenzo sendiri telah meninggalkan Yamaha tiga tahun lalu dan telah pensiun akhir musim lalu, sementara Rossi bakal terdepak dari tim pabrikan pada akhir musim ini.

Namun Yamaha kini memiliki sosok rider baru yang dinilai punya kesamaan dengan dua pebalap legendaris Yamaha tersebut. Rider itu bernama Fabio Quartararo.

Manajer Tim Petronas Yamaha SRT, Wilco Zeelenberg, mengungkapkan hal tersebut. Zeelenberg sendiri pernah bertugas sebagai analis performa bagi Lorenzo di Yamaha, ia melihat adanya kemiripan antara El Diablo dengan sang juara dunia lima kali tersebut.

Zeelenberg melihat bahwa Quartararo telah menguasai gaya membalap butter and hammer—alias mentega dan palu—yang merupakan ciri khas Lorenzo.

"Mentega berarti lembut sehingga Anda tidak menyadari motornya melaju dengan cepat. Fabio pun begitu," tutur Wilco Zeelenberg dilansir dari MotoGP.com.

"Lorenzo juga tidak membuat kesalahan. Ini menjadi faktor yang penting bagi Lorenzo untuk menang. Dia akan marah dengan dirinya jika membuat kesalahan."

"Dia ingin sangat presisi dalam menggunakan palu untuk mendapatkan waktu lap yang sangat cepat dan ritme yang tinggi. Itulah yang dilakukan Fabio di Jerez."

Quartararo juga memiliki kemiripan dengan Valentino Rossi yang punya sifat ekstrovert dan periang. Pengamat MotoGP, Carlo Pernat, bahkan membandingkan duet Quartararo dan Maverick Vinales di MotoGP 2021 mendatang mengingatkannya kepada skuat Yamaha zaman dahulu.

"Menurut saya Quartararo mirip Rossi, sementara Vinales mirip dengan Max Biaggi," kata Pernat seperti dilansir dari GPOne.

"Kemiripan mereka bukan dari gaya membalap, tetapi pendekatan mental. Salah satu dari mereka lebih ekstrovert dan periang, sementara yang lain sama-sama introvert," tuturnya.

Artikel Tag: Fabio Quartararo, Jorge Lorenzo, Valentino Rossi

2876  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini