Qatar Perketat Pemeriksaan Virus Corona, Gelaran MotoGP Qatar Terancam

Penulis: Abdi Ardiansyah
Kamis 27 Feb 2020, 13:55 WIB
Qatar Perketat Pemeriksaan Virus Corona, Gelaran MotoGP Qatar Terancam

Seri balap MotoGP Qatar

Berita MotoGP: MotoGP kini merasa kian khawatir dengan penyebaran wabah virus korona yang kian meluas jelang bergulirnya seri pembuka MotoGP 2020 di Qatar.

Sebelumnya, MotoGP sempat mencemaskan wabah virus corona yang berada di Thailand, pasalnya Negeri Gajah Putih tersebut bakal menggelar seri kedua.

Namun, kini Seri Qatar lebih mengkhawatirkan karena beberapa pebalap dan anggota tim yang berasal dari Italia dan Jepang terancam tak boleh kembali ke Qatar. Sebagai mana diketahui bahwa virus tersebut telah menjangkit kawasan Jepang dan Italia.

Selain itu, keputusan Menteri Kesehatan Qatar, Mohamed Al Kuwari, yang pada Selasa (25/2) lalu telah menunda semua perjalanan menuju beberapa negara, termasuk Italia dan Jepang, serta telah meningkatkan pemeriksaan kesehatan yang lebih ketat di Bandara Internasional Hamad, Doha.

Enam dari 11 tim MotoGP bermarkas di Italia dan San Marino, yakni Monster Energy Yamaha, Suzuki Ecstar, LCR Honda, Aprilia Racing Team Gresini, Ducati Team, dan Pramac Racing.

Bukan hanya itu, dari enam pabrikan MotoGP tiga di antaranya berasal dari Jepang, yakni Honda, Yamaha, dan Suzuki, dan dua dari Italia, yakni Ducati dan Aprilia.

Menurut The Race, beberapa tim dan pabrikan bahkan telah meminta anggota mereka untuk tetap tinggal di Qatar dan tak pulang ke negara masing-masing setelah menjalani uji coba pramusim pada 22-24 Februari lalu, agar bisa tetap ikut menjalani seri pembuka pada 6-8 Maret nanti.

Speedweek juga mengabarkan bahwa Yamaha dan Honda telah meminta anggota kru mereka yang berasal dari Jepang untuk tidak meninggalkan Qatar setelah uji coba. Pun demikian, banyak pebalap yang sudah telanjur meninggalkan Qatar, seperti Valentino Rossi.

Usai menjalani balapan di Qatar, para peserta MotoGP dijadwalkan terbang ke Buriram, Thailand, untuk menjalani seri kedua pada 20-22 Maret. Meski situasi di sana sempat mengkhawatirkan, pemerintahan setempat telah meyakinkan situasi kesehatan Thailand telah terkendali dan balapan akan tetap digelar sesuai rencana.

Namun tak hanya berhenti di situ, Seri ketiga MotoGP 2020 harusnya digelar di Austin, Texas, 3-5 April. Namun fakta bahwa Amerika Serikat telah memperketat perjalanan dari maupun menuju luar negeri, membuat peserta MotoGP dikhawatirkan dilarang masuk ke Austin.

Artikel Tag: motogp qatar, motogp 2020

2192  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini