banner babe

Punya Gaya Balap Seperti Marquez, Lecuona Diprediksi Jadi Masa Depan KTM

Penulis: Abdi Ardiansyah
Jumat 15 Nov 2019, 22:00 WIB
Punya Gaya Balap Seperti Marquez, Lecuona Diprediksi Jadi Masa Depan KTM

Iker Lecuona berlaga di Moto2 2019.

Berita MotoGP: Pebalap anyar tim Tech3 KTM, Iker Lecuona diyakini punya gaya balap yang mirip dengan Marc Marquez. Hal itulah yang membuat Tech3 optimis dengan peluangnya bersaing di kelas MotoGP.

MotoGP Valencia akan menjadi hari bersejara dalam karier Iker Lecuona, pebalap baru yang disiapkan KTM. Memang saat ini tak banyak yang mengenal Lecuona.

Lecuona merupakan pebalap yang awalnya berlaga di ajang Supermoto. Setelah berkutat di trek berlumpur hingga memenangi Kejuaraan Spanyol, dia memutuskan hijrah ke lintasan aspal pada 2015.

Jalan Lecuona ke MotoGP menemui titik terang pada 2016. Setelah tampil di Kejuaraan Internasional CEV, dia masuk ke Moto2 sebagai pebalap pengganti.

Terbiasa menggunakan kaki ketika menikung adalah kendala utamnya, wajar saja jika perjalanan Lecuona awalnya tidak mulus. Performa Lecuona baru meningkat ketika bergabung dengan tim Swiss Innovative Investors yang memakai sasis KTM pada 2018.

Sejak saat itu Lecuona mulai tampil cukup kompetitif. Performanya pun menarik perhatian KTM, terlebih setelah duel dengan Brad Binder dan Joan Mir di balapan GP Americas.

Tren pencarian bakat baru memang kini sedikit berbeda. Hasil di atas kertas tidak lagi ukuran utama melainkan juga kemampuan sang pebalap dalam mengendalikan motornya. KTM tampaknya mempelajari benar kasus Quartararo dalam menentukan pebalap muda yang akan menjadi andalan pada masa mendatang.

Kekuatan utama yang dimiliki Lecuona adalah agresivitas dalam mengendarai motor serta kemampuan mengatasi grip ban depan.  Hal itu mirip seperti Marc Marquez, ia tak terlalu khawatir kehilangan grip ban depan dan bisa menunda pengereman sejauh mungkin ketika memasuki tikungan.

"Ketika kami melihat data Lecuona di Phillip Island, dia kehilangan grip bagian depan di tikungan terakhir di semua lap," ujar kepala kru Lecuona di American Racing, Mathieu Grodecoeur seperti dilansir dari laman Motorsport.

"Tetapi dia tidak peduli karena dia mengendalikan motornya dengan ban belakang. Dia punya kebiasaan mengerem belakangan dan tidak khawatir dengan grip depan. Gaya berkendaranya juga agresif. Dia sering menggantungkan tubuhnya dan membuat motornya berbelok dengan sendirinya, dia mengandalkan posisi tubuhnya."

Sementara dari segi catatan pebalap kelahiran Valencia itu memang kurang begitu memuaskan. Musim lalu Lecuona hanya sekali naik podium pada seri terakhir Moto2 Valencia 2018. Musim ini juga sama, dia baru sekali finis tiga besar, yaitu di GP Thailand.

Untuk sementara ia hanya bis menempati posisi ke-11 di klasemen pembalap Moto2 dengan torehan poin 90, jumlah ini tak sampai setengah dari milik Binder dengan 234 poin.

Grodecoeur pun tidak memprediksi Lecuona akan langsung bersinar. Namun begitu, dia yakin Lecuona punya potensi untuk berprestasi pada masa mendatang. Kecocokan karakter Lecuona dengan motor KTM juga membuatnya sangat yakin bahwa Lecuona bisa menyatu dengan motor balap RC16.

Artikel Tag: Iker Lecuona, Tech 3, motogp 2020

4575  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini