Punya Catatan Apik di MotoGP Catalunya, Mampukah Duo Yamaha Bangkit ?

Penulis: Abdi Ardiansyah
Rabu 12 Jun 2019, 11:55 WIB
Punya Catatan Apik di MotoGP Catalunya, Mampukah Duo Yamaha Bangkit ?

Valentino Rossi

Berita MotoGP: Berbekal catatan apik Yamaha sepanjang MotoGP Catalunya, Akankah duo Yamaha mampu bangkit dari keterpurukan dan meraih hasil manis pada balapan yang berlangsung di Sirkuit Barcelona-Catalunya?

Hingga seri keenam usai, Duo tim pabrikan Yamaha masih belum bisa menunjukkan penampilan yang konsisten sejauh ini. Pencapaian terbaiknya sejauh ini adalah dua kali finis di posisi kedua yang dicetak Valentino Rossi pada GP Argentina dan Amerika Serikat.

Sementara rekan setimnya, Maverick Vinales hanya bisa menorehkan catatan terbaik finis di posisi kelima dalam MotoGP AS.

Kendati tak kunjung menunjukkan performa yang menjanjikan, Rossi dan Vinales masih berpotensi mencetak kemenangan perdana mereka musim ini. Sebab, seri ketujuh MotoGP 2019 yang berlangsung pada Minggu 16 Juni, digelar di Sirkuit Catalunya yang merupakan sirkuit yang bersahabat bagi Yamaha.

Sirkuit Catalunya sangat akrab dengan motor pabrikan Yamaha. Semenjak menggunakan format MotoGP pada 2002, para rider Yamaha sudah sembilan kali menjadi yang tercepat di Sirkuit Catalunya. Jumlah itu merupakan yang terbanyak ketimbang pabrikan lainnya.

Honda dan Ducati yang menjadi pesaing utama Yamaha, sama-sama baru empat kali menjadi yang tercepat. Sekarang yang jadi pertanyaan, dari sembilan kemenangan di atas, siapa saja rider yang memberikan hasil positif kepada Yamaha?

Ada dua rider yang memberikan kemenangan bagi Yamaha di Catalunya pada kelas MotoGP. Mereka yakni Rossi pada 2004, 2005, 2006, 2009 dan 2016, serta Jorge Lorenzo pada 2010, 2012, 2013 dan 2015. Namun untuk musim ini hal itu masih menjadi pertanyaan besar apakah Yamaha mampu tampil apik di sini. Pasalnya, beberapa waktu yang lalu Rossi sendiri pernah mengungkapkan jika ia ragu Yamaha bisa kompetitif di MotoGP Catalunya.

Artikel Tag: Valentino Rossi, MotoGP 2019, yamaha, Maverick Vinales, motogp catalunya

2591  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini