Pol Espargaro Sempat Merasa Tak Siap Jalani Debutnya bersama Honda

Penulis: Abdi Ardiansyah
Selasa 07 Des 2021, 23:40 WIB
Pol Espargaro

Pol Espargaro

Ligaolahraga.com -

Berita MotoGP: Pol Espargaro mengungkapkan sebuah fakta mengejutkan, ia mengaku sempat merasa tak siap menjalani debutnya bersama Honda di awal kejuaraan MotoGP 2021.

Hengkang dari KTM untuk bergabung dengan Honda merupakan keputusan besar bagi Pol Espargaro. Padahal rider asal Spanyol itu terlihat mulai menunjukkan peningkatan besar dengan pabrikan asal Austria tersebut.

Ia sempat berharap bisa langsung melesat dengan motor Honda RC213V di awal musim 2021. Namun pebalap berusia 30 tahun itu ternyata malah kesulitan menjinakkan kuda besi barunya tersebut. Hal tersebut disebabkan karena Espargaro hanya menjalani program pengujian motor dalam waktu singkat.

Pandemi Covid-19 yang tak kunjung mereda membuat MotoGP memutuskan untuk memangkas jadwal tes demi mengurangi aktivitas di luar ruangan.

Selain itu motor RC213V 2021 tak memiliki daya cengkeram yang bagus pada bagian ban belakang sehingga menyebabkan para penunggangnya kesulitan saat keluar tikungan. Karena masalah itulah, Pol Espargaro pun menjadi kesulitan menggunakan rem belakang sesuai dengan keinginannya.

Sepanjang musim 2021, ia telah merebut pole position di MotoGP Inggris dan mengamankan podium kedua di MotoGP Emilia Romagna. Tapi, itu bukan berarti dirinya telah mampu beradaptasi dengan motor RC213V dan memahami bagaimana cara mengendarainya.

“Pada dasarnya, pengalaman saya di MotoGP masih setengah jalan, ini sangat penting,” kata Espargaro dikutip dari Motorsport.com.

“Terutama ketika Anda menggunakan motor yang berbeda, level di MotoGP sekarang fantastis, super, super tinggi,” imbuhnya.

“Jadi, Anda tidak memiliki banyak waktu untuk mengatakan telah beradaptasi, atau Anda tidak memiliki waktu untuk tes, sekarang tidak banyak kesempatan untuk Anda tes,” ia menjelaskan.

“Kami menghadapi balapan pertama di Qatar dengan penuh ketidaksiapan, dengan beberapa lap di Losail saat tes dan beberapa lap di atas motor,” tutur adik Aleix Espargaro itu.

“Jadi, sebenarnya saya tidak siap debut bersama Honda. Untuk itu, saya harus mencari tahu bagaimana mengendarai motor sepanjang akhir pekan balap, yang mana itu sangat, sangat menyulitkan,” lanjutnya.

“Ditambah Anda memiliki banyak tekanan, Anda ingin menampilkan yang terbaik. Tapi Anda mengalami kecelakaan, Anda tidak punya waktu untuk memahami motor,” ia mengakhiri.

Artikel Tag: Pol Espargaro, Honda, MotoGP 2021

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/motogp/pol-espargaro-sempat-merasa-tak-siap-jalani-debutnya-bersama-honda
444  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini