Pol Espargaro Kecewa Tak Dilibatkan Honda dalam Pengembangan Motor

Penulis: Abdi Ardiansyah
Rabu 28 Sep 2022, 10:55 WIB
Pol Espargaro

Pol Espargaro

Ligaolahraga.com -

Berita MotoGP: Pol Espargaro mengaku tak mendapatkan upgrade motor RC213V apapun dari Honda sejak mengamankan podium ketiga di balapan pembuka musim 2022, MotoGP Qatar.

Pada seri MotoGP Jepang, Pol Espargaro hanya mampu finis ke-12. Sementara itu rekan setimnya, Marc Marquez, mengamankan P4 setelah start dari pole position.

Setelah 16 seri berlalu, Espargaro bertengger di peringkat ke-16 klasemen pebalap, terpaut 26 poin dari Marquez yang berada satu tingkat diatasnya.  

Untuk diketahui, hasil terbaik yang diraih Honda sepanjang MotoGP 2022 dipersembahkan Espargaro dengan finis ketiga di MotoGP Qatar. Selepas itu, berbagai problem melanda pabrikan asal Jepang tersebut

Para pengguna RC213V terhambat oleh kurangnya traksi dari bagian belakang motor dan kesulitan saat menikung. Sejak mendapatkan podium perdana dan satu-satunya tahun ini, performa Espargaro menurun drastis.

Keputusan Suzuki untuk meninggalkan kejuaraan kelas premier di penghujung tahun ini kemudian berdampak signifikan ke bursa pebalap. Hal ini ikut berpengaruh pada strategi tim dalam menatap MotoGP 2023, tak terkecuali Honda.

Mereka lantas merekrut Joan Mir untuk dijadikan tandem baru Marquez tahun depan. Kesepakatan kedua belah pihak tidak diumumkan sampai GasGas meresmikan Pol Espargaro sebagai rider baru tim.

Selama ini, pria berjuluk Polyccio itu selalu menyatakan kesediaannya untuk membantu Honda mengembangkan kuda besi RC213V, terutama saat Marc Marquez absen sementara waktu untuk pemulihan cedera. Namun mereka justru lebih memilih pebalap tim satelit LCR, Takaaki Nakagami.

“Jelas bahwa perjalanan saya dengan Honda telah berakhir beberapa balapan yang lalu. Sejak Qatar, saya mengendarai motor yang sama. Ketika tak ada peningkatan, tidak ada part baru dan yang lainnya masih berfungsi, itu menjadi sangat jelas,” ucapnya dikutip dari Motorsport.com.

“Jika Anda memiliki masalah, dan bahkan dengan itu mereka tidak membawakan Anda hal-hal baru dan Anda melanjutkan dengan motor yang sama, maka semuanya jelas. Sejak masalah kurangnya grip yang kami alami di Qatar, saya belum menerima sesuatu yang baru,” ia menegaskan.     

Artikel Tag: Pol Espargaro, Honda, MotoGP 2022

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/motogp/pol-espargaro-kecewa-tak-dilibatkan-honda-dalam-pengembangan-motor
660  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini