Pol Espargaro Akui Kesulitan Jinakan RC213V Tanpa Hadirnya Marquez

Penulis: Abdi Ardiansyah
Selasa 02 Mar 2021, 22:50 WIB
Pol Espargaro

Pol Espargaro

Berita MotoGP: Rider anyar tim Repsol Honda, Pol Espargaro, mengakui bahwa ia akan mengalami kesulitan beradaptasi dengan motor Honda lantaran absennya Marc Marquez.

Pol Espargaro yang baru saja bergabung dengan tim Repsol Honda kini harus menghadapi tantangan berat untuk menaklukkan motor Honda RC213V. Ia akan menghadapi sesi tes Qatar, tekanan makin bertambah lantaran tes tersebut tak akan dihadiri Marc Marquez.

Situasi Espargaro kian sulit karena dia cuma punya beberapa hari untuk mengenal tunggangan barunya sebelum memulai kejuaraan dunia MotoGP 2021 di Qatar pada 26-28 Maret mendatang.

Sebenarnya, Espargaro punya kesempatan untuk mengenali motor RC213V pada tes pasca-musim di Jerez, November tahun lalu. Akan tetapi, agenda tersebut batal dilaksanakan karena pandemi virus Corona alias Covid-19.

Hal serupa juga dialami oleh Espargaro saat tes pra-musim di Sepang, Malaysia, juga dibatalkan karena meningkatnya kasus Covid-19 di negeri jiran. Di sisi lain, Marquez telah mengonfirmasi bahwa ia tidak akan mengikuti sesi tes Qatar yang berlangsung di Sirkuit Internasional Losail, Doha, Qatar, pada 5 dan 6 Maret 2021.

Keputusan Marquez ini tak lepas dari kondisi fisiknya yang belum sepenuhnya pulih usai mengalami cedera patah tulang lengan kanan di MotoGP Spanyol, Juli 2020 lalu.

Tanpa kehadiran Marquez, Espargaro sebenarnya masih bisa melihat tiga rider lainnya yakni Stefan Bradl, test rider Repsol Honda, serta Alex Marquez dan Takaaki Nakagami yang membela tim LCR Honda sebagai referensinya.

Kendati demikian, Espargaro menegaskan bahwa ia butuh Marc Marquez karena cara terbaik untuk mengenali motor Honda ialah dengan belajar dari pebalap terbaik di dunia.

"Saya akan datang ke Qatar sedikit lebih awal, tiga hari sebelum tes. Dari situ, saya akan mengatur setelan motor dengan para insinyur dan melihat setiap tikungan di trek, mencoba untuk menganalisis setiap data yang ada di pikiran saya," ujar Espargaro sebagaimana dikutip dari Motorsport.com.

"Sebulan terakhir ini saya mencoba memikirkan situasi lain di mana, misalnya, Marc selamat dari kecelakaan tersebut dan pada akhirnya dia meraih banyak poin. Jika dia tidak selamat dari kecelakaan itu, mungkin dia tidak akan bisa memenangi balapan."

"Jadi, ini pertanyaan saya: bagaimana Marc melakukannya? Sepertinya dalam beberapa tahun terakhir, dia menjadi dari bagian DNA Honda. Saya perlu mengatur situasi itu. Di KTM, kadang saya melakukannya, tetapi saya perlu belajar lagi untuk melakukan itu (di Honda), dan tekanannya akan tinggi tanpa Marc," pungkasnya.

Artikel Tag: Pol Espargaro, Marc Marquez

679  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini