Pertimbangkan Pensiun, Crutchlow Akui Kondisi Fisiknya Berbeda dengan Rossi

Penulis: Abdi Ardiansyah
Senin 13 Jan 2020, 15:20 WIB
Pertimbangkan Pensiun, Crutchlow Akui Kondisi Fisiknya Berbeda dengan Rossi

Cal Crutchlow dan Valentino Rossi

Berita MotoGP: Cal Crutchlow mengakui bahwa kondisi fisiknya jauh berbeda dengan Valentino Rossi. Oleh karena itu, ia mengaku tak masalah jika harus pensiun lebih dulu dibanding The Doctor.

Cal Crutchlow saat ini memasuki usia 34 tahun saat menghadapi musim anyar MotoGP 2020. Usia yang tak lagi muda tersebut tentu membuat kondisi fisiknya tak sebugar dahulu.

Pun demikian, ia masih mampu tampil kompetitif di papan atas dalam balapan, meski mulai merasa kurang cepat di sesi latihan dan kualifikasi, di mana catatan waktu per lap sangat krusial. Ia mengaku sudah mengerahkan segalanya, namun akan terima jika tak pernah jadi juara di MotoGP.

"Saya masih cepat dalam jarak balap, tapi tak terlalu cepat dalam lap tunggal di kondisi kering. Saya selalu mengerahkan segalanya di olahraga ini. Jika ini tak cukup untuk meraih gelar dunia, saya akan menerimanya. Saya bisa mengatakan dengan tegas bahwa saya memberikan yang terbaik di setiap lap dalam setiap balapan," ujar Cructhlow.

Meskipun tergolong jadi pebalap senior, namun ada pebalap lain yang usianya jauh lebih tua darinya, yakni Valentino Rossi yang menginjak usia 41 tahun pada bulan depan. Penampilan Rossi juga jauh lebih kompetitif dibandingkan Crutchlow.

Pebalap tim LCR Honda ini pun menyatakan situasinya tak bisa disamakan dengan Rossi. Menurutnya, selain bertalenta, Rossi juga diuntungkan karena sangat jarang dirundung cedera, tak seperti dirinya yang sering mengalami kecelakaan parah.

Rossi diketahui hanya tiga kali mengalami cedera serius, yakni cedera bahu usai kecelakaan motocross di Italia pada awal 2010, serta patah tulang tibia dan fibula kaki kanan akibat kecelakaan di Mugello pada 2010 dan kecelakaan saat latihan enduro pada 2017.

"Ada rider seusia saya yang mengendalikan masalah lebih baik, seperti Vale. Ia 40 tahun dan tak punya masalah serius. Beda dengan saya. Saya mengalami banyak cedera. Saya memang tak lemah dan selalu mengerahkan 100% sampai kontrak saya habis, tapi saya tak tahu seberapa lama saya ingin melanjutkan karier," papar rider asal Inggris tersebut.

Musim lalu, Crutchlow sudah mempertimbangkan untuk pensiun ketika kontraknya habis akhir 2020. Meskipun sudah tak terlalu ngotot ingin tampil lagi di MotoGP musim depan, namun ia juga tak bakal menolak jika Honda masih membutuhkan jasanya.

"Saya tak bilang saya benar-benar akan pensiun setelah 2020. Bisa saja pada 2020 tak ada insiden yang menyakiti saya lagi. Tapi saya memang tak lagi harus balapan, meski saya mencintainya. Toh saya selalu bangkit usai mendapat cedera, karena saya punya hasrat tinggi," pungkas juara WorldSSP 2009 tersebut.

Artikel Tag: Cal Crutchlow, Honda, Valemtino Rossi

1958  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini