Pernat: Honda Seakan Beri Kontrak Jebakan Kepada Alex Marquez

Penulis: Abdi Ardiansyah
Jumat 10 Jul 2020, 22:50 WIB
Pernat: Honda Seakan Beri Kontrak Jebakan Kepada Alex Marquez

Alex Marquez

Berita MotoGP: Pengamat MotoGP, Carlo Pernat, menyebut bahwa kontrak Alex Marquez seperti jebakan. Sebab ia terancam digantikan Pol Espargaro bahkan sebelum mendapatkan kesempatan untuk beraksi.

Pernat sendiri mengaku bisa memaklumi alasan Honda Racing Corporation (HRC) lebih memilih menggaet rider yang sama kuatnya dengan Marc Marquez, yang juga merupakan rival sengitnya di Moto2 dan punya gaya balap yang sama yaitu Pol Espargaro.

Espargaro, yang kini masih membela KTM Factory Racing, memang diketahui jadi pesaing berat memperebutkan gelar dunia Moto2 bersama Marc pada 2011 dan 2012 lalu. Bahkan tak jarang mereka terlibat kontak motor di lintasan yang berujung perseteruan.

Di lain sisi, gaya balap agresif yang juga dimiliki Espargaro membuat Honda tertarik. Pernat yakin langkah ini merupakan langkah yang cerdas, lantaran selama ini Honda hanya bertumpu kepada Marc dalam meraih podium, kemenangan, dan bahkan gelar dunia.

"Saya rasa, Honda memilih menggaet Pol karena ia telah bekerja dengan baik dalam mengembangkan KTM. Ia punya pengalaman dalam mengembangkan motor. Pol juga seorang rider yang kuat, saya yakin ini akan jadi operasi yang menarik dari Honda," ungkap Pernat Dalam wawancaranya dengan GPOne.

Meskipun demikian, Pernat pun juga mengkritisi perlakuan Honda kepada Alex Marquez. Sebab adik kandung Marc Marquez ini terancam terdepak dari tim pabrikan dengan datangnya Espargaro ini.

Alex bahkan terancam terdepak sebelum kompetisi 2020 dimulai, yang berarti dua kali juara dunia itu dipecat bahkan sebelum bekerja.

"Saya rasa Honda akhirnya memahami bahwa mereka tak bisa merakit motor hanya untuk satu rider saja, yakni Marc. Ini karena jika Marc cedera, Honda pada dasarnya 'hilang'. Tapi menurut saya, kontrak Alex sedikit seperti jebakan," tandasnya.

Honda pun diyakini punya rencana untuk memberikan tempat di tim satelit, LCR Honda menggantikan posisi Cal Crutchlow.

Artikel Tag: Alex Marquez, motogp, Honda, Pol Espargaro

1714  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini