Performa Motor Pengaruhi Keputusan Fabio Quartararo Soal Kontrak Baru

Penulis: Abdi Ardiansyah
Jumat 04 Mar 2022, 23:10 WIB
Fabio Quartararo

Fabio Quartararo

Ligaolahraga.com -

Berita MotoGP: Fabio Quartararo menjadikan MotoGP Qatar sebagai momen untuk melihat seberapa cepat motor Yamaha YZR-M1 2022 dan menentukan nasibnya di tim pabrikan Yamaha.

Fabio Quartararo sempat mengutarakan ketidakpuasan soal kecepatan motor barunya, Yamaha YZR-M1 2022. Apalagi ketika motor pabrikan asal Jepang itu dibandingkan dengan Ducati selama tes pramusim MotoGP 2022 di Sepang dan Mandalika.

Di Mandalika, kecepatan maksimal Quartararo adalah 305 km/jam, lebih kecil 9,8 km/jam dari pebalap Pramac Racing, Johann Zarco, yang menggeber motor Desmosedici GP22. Ia hanya lebih cepat dari penunggang YZR-M1 lainnya, Franco Morbidelli dan Andrea Dovizioso.

Tak pelak timbul rasa was-was dalam diri Fabio Quartararo. Apalagi jarak antara tes pramusim dan balapan pertama MotoGP 2022 cukup dekat. Ia pun tak bisa menutupi rasa pesimistisnya terhadap kerja keras Yamaha.

“Sungguh mengecewakan bahwa kami punya banyak waktu untuk mengembangkan mesin dan kami tak punya apa pun. Saya tidak mengerti rata-rata kecepatan kami yang hilang di sirkuit dibanding yang tercepat selalu 10 km/jam,” ujarnya dikutip dari Motorsport.com.

“Tidak masalah jika trek lurus sejauh ratusan meter atau 1 kilometer, kami tidak akan berada di bawah angka itu,” ia menambahkan.

Tak sedikit yang menganggap pebalap asal Prancis tersebut terlalu banyak mengeluh. Apalagi ketika melihat bagaimana performa Quartararo pada hari terakhir tes pramusim di Mandalika, di mana ia mampu menepati peringkat kedua waktu tercepat, hanya terpaut 0,014 detik dari Pol Espargaro, serta melihat konsistensinya selama 79 putaran.

Di sisi lain, keluhan seputar kecepatan maksimal motor adalah hal yang biasa dilontarkan oleh para pebalap. Padahal, mungkin permasalahan ada pada mereka yang belum bisa beradaptasi dengan motor baru.

Karena Quartararo mensyaratkan motor kencang sebagai pertimbangan untuk perpanjangan kontraknya yang habis di akhir musim 2022, maka penampilan motor YZR-M1 di Sirkuit Losail akan jadi bahan evaluasi. Untuk sementara ini, rider berusia 22 tahun tersebut membuat masa depannya terbuka untuk pabrikan lain.

Artikel Tag: Fabio Quartararo, yamaha, MotoGP 2022

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/motogp/performa-motor-pengaruhi-keputusan-fabio-quartararo-soal-kontrak-baru
1508  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini