Penyakit Lama YZR-M1 Kambuh, Maverick Vinales Makin Khawatir

Penulis: Abdi Ardiansyah
Senin 19 Apr 2021, 21:50 WIB
Maverick Vinales

Maverick Vinales, MotoGP Portugal

Berita MotoGP: Rider Tim Monster Energy Yamaha, Maverick Vinales, mengakui bahwa dirinya kembali mengalami masalah lama motor YZR-M1. Hal ini pun membuatnya kian khawatir dengan peluangnya merebut titel juara MotoGP 2021.

Maverick Vinales mengalami hari yang cukup buruk saat balapan di MotoGP Portugal 2021 di Sirkuit Algarve, Portimao, Minggu (18/4). Mengawali balapan dari urutan ke-12, Vinales justru tercecer turun ke posisi 20 pada awal lomba.

Ia pun menjelaskan bahwa masalah grip yang kerap ia alami di musim-musim sebelumnya kembali menerpanya lagi. Ketika rider lainnya mampu menyentuh ritme 1 menit 39 detik, Maverick Vinales kesulitan untuk melaju lebih cepat dari 1 menit 41 detik per lap.

Kondisi Vinales baru bisa membaik pada pertengahan lomba. Secara perlahan rider tim Yamaha itu mampu memperbaiki posisi sekaligus terbantu insiden yang dialami pebalap di depannya.

Vinales pada akhirnya finis di posisi ke-11 dengan selisih 23,761 detik dari rekan setimnya, Fabio Quartararo, yang menjadi pemenang. Kesulitan ini membuatnya kembali dihantui rasa khawatir.

Sebab, tampil melempem pada awal balapan merupakan penyakit lamanya dalam beberapa musim terakhir.

"Saya sangat khawatir karena ini musim yang sulit untuk melaju seperti itu. Sulit untuk menjaga fokus, terutama motivasi ketika Anda sebelumnya bisa memenangi dua balapan pertama dan di lintasan Anda kesulitan finis 10 besar," ujar Vinales sebagaimana dilansir dari Motorsport.

Vinales mengaku bahwa dirinya hanya sedikit beruntung karena insiden yang dialami pebalap lain membantunya untuk memperbaiki posisi. Kendati demikian, ia sendiri merasa jauh dari kata puas dengan performanya.

"Ini adalah balapan yang sulit. Saya tidak bisa menjelaskan mengapa, perasaannya sangat mirip sepanjang akhir pekan tahun lalu, grip sangat rendah," imbuhnya.

"Ini waktunya untuk memeriksa, melihat dan meningkatkan diri karena jika tidak kami bisa mengalami masalah seperti tahun-tahun sebelumnya. Kami mengawali musim dengan memenangkan segalanya dan kemudian sedikit demi sedikit kami melambat. Ini bukan hal yang bagus."

"Kami harus terus bekerja dan melihat apakah kami dapat menemukan sesuatu," tandasnya.

Dengan tambahan hanya 5 poin, Vinales beruntung masih bisa bertahan di peringkat ketiga klasemen MotoGP 2021 dengan koleksi hanya 41 poin. Vinales tertinggal 20 poin dari sang pemimpin klasemen sementara sekaligus rekan setimnya, Fabio Quartararo.

Artikel Tag: Maverick Vinales, MotoGP Portugal, MotoGP 2021

6790  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini