Pengalaman Buruk Masa Kecil Rossi Malah Buat Karier Balapnya Panjang

Penulis: Abdi Ardiansyah
Selasa 18 Feb 2020, 11:50 WIB
Pengalaman Buruk Masa Kecil Rossi Malah Buat Karier Balapnya Panjang

Masa kecil Valentino Rossi.

Berita MotoGP: Pengalaman buruk yang dirasakan Valentino Rossi saat masa kecil justru kini bisa membuat kariernya bisa berjalan semakin panjang.

Valentino Rossi baru saja menginjak usia yang ke-41 tepatnya pada Minggu (16/2). Meskipun umurnya sudah tak lagi muda, namun ia nyatanya masih semangat berkompetisi di ajang balap MotoGP. 

Rider berjuluk The Doctor itu hingga saat ini belum memutuskan masa depannya usai dipastikan tersingkir dari tim pabrikan Yamaha akhir musim nanti. Karier Rossi di ajang balap motor sangatlah panjang, terhitung sejak debut di kejuaraan dunia 125cc pada 1996, The Doctor sudah melakoni 402 hingga balapan seri pamungkas MotoGP 2019 di Valencia, Spanyol, pada November tahun lalu.

Ia bahkan sudah 20 tahun lamanya tampil di ajang balap kelas utama sejak era 500cc hingga kini berganti nama menjadi MotoGP. Ia kini bersaing dengan rider generasi di bawahnya di saat rider seangkatannya sudah lama pensiun.

Menjaga kondisi tetap bugar serta tak terlalu banyak ambil risiko saat balapan menjadi rahasia Rossi punya karier balap yang panjang.

Jarang mendapat cedera saat tampil balapan, Rossi justru lebih sering mendapat masalah saat berlatih di luar lintasan. Sejak debutnya ia hanya sekali terpaksa absen akibat cedera parah dalam latihan bebas di Mugello pada 2010.

"Dalam karier saya, juga ketika saya masih muda, saya tidak mengambil banyak risiko. Saya mengambil risiko tetapi tidak melebihi dari apa yang saya butuhkan. Graziano mengambil lebih banyak risiko daripada saya," kata Rossi dalam film dokumenter Hitting The Apex (2015).

Tampaknya, sifat main aman Rossi ini dipicu lantaran pengalaman buruknya di masa kecil, di mana saat itu sang ayah, Graziano Rossi, mengalami insiden besar pada 1982 yang hampir merenggut nyawanya.

"Saya tumbuh besar dan belajar dari dia. Seorang anak belajar dari kesalahan ayahnya. Memori buruk, banyak kecelakaan, banyak cedera, itu menakutkan karena dia ayah saya," tandas Rossi mengenang pengalaman buruk ayahnya.

Dalam wawancara dengan Il Resto del Carlino, Graziano Rossi mengaku bahwa dia tidak berharap sang putra mengikuti jejaknya sebagai pebalap. Ketika minat dengan dunia balap muncul, Rossi kecil diarahkan untuk menggeluti ajang balap mobil. Hanya saja, masalah finansial mengubah rencana keluarga Rossi.

Valentino Rossi melakoni debut balap motor saat usianya 14 tahun. Kini sang ayah merasa sangat bangga lantaran Rossi junior mampu meraih sembilan gelar juara dunia dan menjadi sosok paling berpengaruh di MotoGP.

Artikel Tag: Valentino Rossi, motogp 2020, yamaha

1120  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini