Pembuktian Kebangkitan Yamaha pada MotoGP Jepang

Penulis: Datuk Nofri
Jumat 12 Okt 2018, 10:53 WIB
Pembuktian Kebangkitan Yamaha pada MotoGP Jepang

Benarkah MotoGP Thailand Menjadi Momentum Kebangkitan Tim Yamaha? (image:GP-inside)

Berita MotoGP - Tim Yamaha yang pada beberapa seri terakhir ini selalu tampil mengecewakan terutama pada seri sebelumnya di Aragon, namun pada seri berikutnya yaitu MotoGP Thailand yang digelar di Buriram sepanjang pekan lalu ternyata para pebalap Yamaha tampil memuaskan dan di luar perkiraan, termasuk oleh duo Movistar Valentino Rossi dan Maverick Vinales. Tetapi benarkah MotoGP Thailand menjadi momentum kebangkitan tim Yamaha? Well ... Seri berikutnya yang akan berlangsung di Sirkuit Twin Ring Motegi Jepang pekan mendatang menjadi ajang pembuktian apakah memang tim pabrikan asal Iwata telah menemukan momentum kebangkitannya.

Seperti diketahui, walaupun Rossi dan Vinales gagal meraih kemenangan, setidaknya dengan mencapai finish di posisi 3 dan 4 merupakan langkah maju, terutama bila dibandingkan dengan hasil yang mereka raih pada seri sebelumnya di Aragon di mana pada babak Kualifikasinya, Rossi mendapati mimpi buruk karena hanya bisa menempati posisi 18 yang merupakan hasil Kualifikasi terburuknya dalam 12 tahun terakhir.

Kontras dengan apa yang terjadi di Aragon itu, sepanjang pekan lalu di Buriram,Vinales bisa meraih posisi 4 besar dan pada race day di hari Minggu, mantan pebalap Suzuki itu mampu meraih podium ketiga, posisi yang tak pernah lagi diraihnya setelah MotoGP Jerman di Sachsenring pada Juli silam.

Sedangkan Rossi pada babak Kualifikasi di Thailand ini mampu meraih posisi start kedua dan hanya berselang tipis dari Marc Marquez yang meraih pole position, meskipun pada race day sehari kemudian, pebalap senior itu hanya finish di posisi 4.      

Namun hasil-hasil tersebut membuat kedua pebalap Movistar Yamaha itu mampu tersenyum puas. Vinales pun mengatakan,”Perubahan yang kami lakukan pada motor kami mampu meraih hasil positif.”

Benarkan MotoGP Thailand menadi momentum kebangkitan tim Yamaha? Apakah kemajuan yang mereka raih disebabkan oleh kombinasi jenis ban yang mereka pilih, faktor sirkuit, atau hanya faktor keberuntungan semata? Atau pernyataan Vinales di atas benar?

Vinales sendiri juga sedikit bingung dengan hasil yang diraihnya di Thailand pekan lalu. Vinales yang sempat frustasi dan kehilangan motivasi seusai penampilannya di Aragon itu selanjutnya mengatakan kepada MotoGP,”Saya tak tahu pasti. Harusnya kami bisa tampil seperti di Thailand ini pada setiap serinya. Tetapi faktanya kami selalu kesulitan.”

“Semoga saja perubahan yang kami lakukan pada motor kami itu memang merupakan faktor penyebab mengapa kami bisa meraih kemajuan karena menurut saya hal itu membawa dampak positif. Saya juga menjadi kian percaya diri karenanya. Kita tunggu saja di seri-seri berikutnya,”imbuh Vinales.

Sementara itu, Rossi pada Sabtu pekan lalu mengonfirmasi bila timnya telah menaruh beberapa materi tambahan sebagai upaya mereka membenahi kendala elektronik yang menjadi titik lemah Yamaha sejauh ini dan merupakan upaya yang dilakukan oleh engineer Yamaha yang ditarik dari ajang balapan WorldSBK yaitu Michele Gadda dan sejumlah engineer Jepang lainnya.

Sekali lagi, benarkan MotoGP Thailand menjadi momentum kebangkitan tim Yamaha? Pembuktian selanjutnya kita lihat di Motegi Jepang pekan depan.

Artikel Tag: yamaha, Maverick Vinales, MotoGP 2018, Valentino Rossi

3779