Pedrosa Jelaskan Penyebabnya Terjatuh di Buriram

Penulis: Abdi Ardiansyah
Selasa 09 Okt 2018, 22:19 WIB
Pedrosa Jelaskan Penyebabnya Terjatuh di Buriram

Dani Pedrosa berada di garasi Honda, MotoGP Thailand

Berita MotoGP: Mampu bertarung di barisan depan pada MotoGP Thailand, namun Dani Pedrosa harus tersingkir dari balapan usai terjatuh di Chang International Circuit. Ia menyebut ban kompon hard jadi penyebabnya.

Pedrosa yang mengawali balapan dari posisi ketujuh, sempat turun ke posisi ke-11 pada lap awal. Sementara rekan setimnya, Marc Marquez, memimpin balapan.

Pada pertengahan balapan Little Samurai mulai menunjukkan kemampuannya dan berhasi merangsek ke urutan keenam usai mengungguli Alex Rins. Sempat bertarung di barisan depan, Pedrosa justru mengalami nasib buruk pada delapan lap tersisa tepatnya di Tikungan 5.

“Saya punya feeling ada potensi untuk menang, dalam hal ini mengenai kecepatan. Tapi kemudian ketika saya tiba di grup, saya harus bertarung, saya harus menemukan cara untuk menyalip dan membuat semuanya berjalan lancar,” ungkap Pedrosa usai balapan.

Sehari sebelum balapan, Michelin Motorsport Two-Wheel Manager, Piero Taramasso, sangat menyarankan agar semua pebalap tampil menggunakan ban kompon hard, dan hanya satu yang mengabaikan saran tersebut, yaitu Aleix Espargaro.

Pedrosa menjelaskan bahwa dirinya merasa kesulitan menggunakan ban kompon hard terutama untuk memanaskan ban tersebut. Ia meyakini hal itulah yang kemudian membuatnya berujung pada kecelakaan.

 “Ini adalah masalah utama, kami terpaksa menggunakan ban belakang hard dan saya memiliki kerugian besar. Bagi saya, untuk memanaskan ban ini hampir tidak mungkin,” keluh pebalap Honda itu.

 “Kemudian saya memiliki masalah pada kopling di awal (balapan), dan ini tidak memungkinkan saya untuk start bagus. Itu menyebabkan kami kehilangan posisi lebih banyak di trek lurus karena kami tidak melewati tikungan pertama dengan baik.”

“Sayangnya, saya terjatuh. Saya rasa akan jauh berbeda jika bisa start dari depan. Namun kerugiannya sangat besar hari ini, pada ban belakang di awal dan itu masalahnya, karena tidak ada yang peduli.”

Pedrosa juga menjelaskan kronologi saat ia akan menikung di Tikungan 5 hingga akhirnya ia harus terjatuh.

 “Saya hanya memperbaiki catatan waktu. Saya melaju kencang dan semakin dekat setiap waktu, hanya masuk (ke tikungan) dan bagian depan melewati bump (permukaan lintasan tidak rata).

“Garpu (motor) melakukan gerakan aneh dengan bump, (saya) kehilangan grip di sana dan di depan,” tukasnya.

Artikel Tag: MotoGP Thailand, Sirkuit Buriram, MotoGP 2018, Honda, dani pedrosa

6488