Pedro Acosta Si Bocah Ajaib Dijamin Dapat Tempat di MotoGP?

Penulis: Abdi Ardiansyah
Kamis 06 Jul 2023, 23:34 WIB
Pedro Acosta

Pedro Acosta bersama Marc Marquez

Ligaolahraga.com -

Berita MotoGP: Pebalap muda potensial milik KTM, Pedro Acosta, dikabarkan akan diberikan tempat spesial di MotoGP bersama tim Red Bull KTM. Hal ini diungkapkan langsung oleh Manajer Tim Red Bull KTM, Francesco Guidotti.

Pedro Acosta sukses menunjukkan penampilannya yang sensasional dan menjadi salah satu pebalap binaan KTM yang berhasil menunjukkan kegemilangannya. Setelah lulus dari jenjang junior dengan titel dari Red Bull Rookies Cup dan 3 kemenangan di CEV Moto3 pada 2020, Acosta langsung menjadi kandidat juara di Moto3 dalam debut pada tahun berikutnya.

Firasat Ajo, kepala tim yang juga menemukan bakat Marc Marquez hingga Brad Binder, terbukti benar. Acosta sukses menjadi juara dunia Moto3 di musim pertamanya. Dalam empat balapan pertamanya di Moto3, rider asal Spanyol itu selalu finis tiga besar dan mencetak tiga kemenangan.

Dengan hasil tersebut ia mampu menyaingi rekor para pebalap top MotoGP seperti Valentino Rossi dan Marc Marquez, baik dalam empat balapan grand prix pertama maupun soal kesuksesan langsung menjadi juara. Acosta jadi pebalap pertama yang mampu menjadi juara pada musim pertamanya sejak Loris Capirossi di kelas 125cc (Moto3) pada 1990 silam.

Berlaga di Moto2 musim ini, Acosta pun menjadi salah satu kandidat peraih gelar juara dunia. Rider berusia 19 tahun ini menjadi pebalap yang paling sering menang hingga paruh musim pertama dengan catatan 4 kemenangan dari 8 balapan.

Namun ia saat ini masih tertahan di peringkat dua dengan raihan 140 poin atau terpaut delapan poin dari pimpinan klasemen sementara Tony Arbolino.

Berkat torehan sensasional tersebut, Pedro Acosta kian digadang-gadang punya tempat spesial untuk berlaga di kelas utama MotoGP. Hal ini pun diungkapkan langsung oleh Manajer Tim Red Bull KTM, Francesco Guidotti. Dalam kalimatnya kepada GPOne, Guidotti bahkan mengamini rumor yang menyebut Acosta akan berlomba di MotoGP musim depan.

"Acosta tetap menjadi pebalap KTM, kami punya opsi yang bisa dipaksakan dan sudah jelas kami sudah melakukannya," ungkap Guidotti.

Hal itu pun juga diungkapkan oleh pebalap Red Bull KTM, Jack Miller

"Saya pilih Pedro Acosta (sebagai favorit juara) di Moto2,"  tutur Jack Miller soal prediksinya saat konferensi pers jelang seri perdana MotoGP Qatar musim itu.

"Saya mendapat informasi orang dalam dari Aki [Ajo][Kepala Tim Red Bull KTM Ajo] dan katanya dia akan tampil cukup kuat. Jadi saya percaya dengan Aki."

Sementara itu, kuota pebalap di pabrikan asal Austria tersebut sudah penuh hingga 2024 dengan duet Brad Binder-Jack Miller di tim utama dan Pol Espargaro-Augusto Fernandez di tim satelit Tech3. Bahkan rencana KTM untuk menambah tim satelit lagi tidak mendapat restu Direktur Olahraga Dorna, Carlos Ezpeleta.

Kendati demikian, Guidotti mengaku punya skenario lain andai timnya ingin mempromosikan Acosta yakni dengan menumbalkan satu rider KTM lainnya.

"Dia bakal tampil di MotoGP namun bersama tim mana itu bakal jadi sebuah kejutan," pungkasnya.

Artikel Tag: Pedro Acosta, motogp 2023, ktm

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/motogp/pedro-acosta-si-bocah-ajaib-dijamin-dapat-tempat-di-motogp
4028  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini