Pedro Acosta Pebalap Debutan yang Bisa Ungguli Pencapaian Marquez dan Rossi

Penulis: Abdi Ardiansyah
Senin 03 Mei 2021, 15:50 WIB
Pedro Acosta

Pedro Acosta

Berita MotoGP: Rider debutan di kelas Moto3 2021, Pedro Acosta, terus menorehkan rekor impresif di musim perdananya bersama tim Red Bull KTM Ajo. Bahkan torehannya ternyata sudah mengungguli Valentino Rossi dan Marc Marquez di Moto3.

Moto3 2021 telah menuntaskan empat seri dalam seri terakhir di GP Spanyol, Acosta total sudah mengantongi tiga kemenangan dan sekali menjadi runner-up. Kemenangan di balapan kandang tersebut berlangsung di Sirkuit Jerez, Spanyol, Minggu (2/5).

Acosta sukses memenangkan Moto3 Spanyol 2021 dengan catatan waktu 39 menit 22,266 detik. Ia unggul 0,417 detik atas Romano Fenati (Sterilgarda Max Racing Team) yang finis di posisi kedua.

Melengkapi podium Moto3 Spanyol 2021 ialah pembalap Indonesian Racing Gresini Moto3, Jeremy Alcoba. Sebelum naik ke podium kampiun Moto3 Spanyol 2021, Acosta sudah lebih dulu mengukir namanya sebagai jawara balapan Moto3 Doha 2021 dan Moto3 Portugal 2021.

Adapun, pada debut balapannya di kelas Moto3 yakni Moto3 Qatar 2021, Acosta mampu menjadi runner-up.

Rider asal Spanyol ini pun pun kini menjadi rider pertama sepanjang sejarah Grand Prix yang mampu mendapatkan podium pada empat balapan perdananya. Ia pun kini memimpin klasemen sementara dengan torehan 95 poin, atau unggul 51 poin dari pesaing terdekatnya, Niccolo Antonelli (Avintia Esponsorama Moto3).

Sejauh ini, kiprah Pedro Acosta yang gemilang tersebut telah mencuri perhatian para pebalap kasta tertinggi MotoGP seperti Valentino Rossi dan Marc Marquez.

Dalam kesempatan terpisah, Rossi dan Marquez mengaku kagum dengan penampilan Acosta di kelas Moto3 pada musim ini. Keduanya bahkan meyakini Acosta bakal menjadi rider hebat di masa depan.

Pencapaian Acosta bahkan tercatat lebih baik ketimbang Rossi dan Marquez dalam debut mereka di kelas terbawah pada ajang balap Grand Prix tersebut. Rossi, yang melakoni debut di kelas 125cc pada tahun 1996 bersama tim Aprilia, hanya bisa meraih hasil finis ke-8, ke-11, ke-11, dan ke-4 dalam empat balapan pertamanya.

Sementara Marquez, yang membela tim pabrikan KTM, membukukan hasil lebih buruk lagi. Pada balapan pertama dan kedua, Marquez absen, sedangkan pada balapan ketiga dan keempat, dia cuma bisa finis di posisi ke-18 dan ke-12.

Kendati tampil jeblok pada awal-awal karier balapan Grand Prix, Valentino Rossi dan Marc Marquez mampu bertransformasi menjadi salah dua pembalap MotoGP paling tersohor di dunia.

Kini menjadi tantangan berat yang harus dihadapi  Pedro Acosta untuk menjaga konsistensinya hingga bersaing di kelas MotoGP mengingat usianya sekarang baru 16 tahun.

Artikel Tag: Pedro Acosta, Marc Marquez, Valentino Rossi

11069  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini