Pebalap Papan Bawah Pun Dinilai Punya Potensi Gulingkan Marquez

Penulis: Abdi Ardiansyah
Rabu 06 Mei 2020, 15:25 WIB
Pebalap Papan Bawah Pun Dinilai Punya Potensi Gulingkan Marquez

Marc Marquez dan Andrea Iannone ketika bersaing di kelas Moto2

Berita MotoGP: Pengamat MotoGP, Carlo Pernat, mengungkapkan beberapa nama dari tim papan bawah yang dinilai punya potensi untuk mengalahkan Marc Marquez.

Marc Marquez hingga saat ini masih mendominasi MotoGP dengan enam kali juara selama tujuh musim berlaga di kelas tertinggi tersebut. Namun kini muncul nama Fabio Quartararo yang dinilai bakal jadi rival beratnya.

Hal tersebut pun diungkapkan oleh pengamat MotoGP, Carlo Pernat. Ia bahkan sama sekali tak meragukan bakat yang dimiliki oleh pebalap asal Prancis tersebut.

Selain Quartararo, Pernat juga menyebut nama lain yang dinilai mempunyai potensi untuk menggulingkan hegemoni Marc Marquez. Namun uniknya, pebalap ini bukan datang dari tim besar seperti Yamaha atau Ducati. Rider tersebut adalah Andrea Iannone yang kini membela tim Aprilia, tim yang sudah tiga musim selalu menempati posisi paling buncit.

"Jika kita berbicara soal talenta, saya rasa yang ada hanyalah Quartararo dan Iannone," ujar Carlo Pernat sebagaimana dilansir dari GPOne.

"Saya bukan lagi manajernya [Iannone], jadi saya akan mengatakannya secara lantang," ucap pria berusia 71 tahun tersebut.

Sejak pindah ke Aprilia musim 2019, The Maniac Joe itu memang sama sekali belum merasakan kemenangan ataupun finis di posisi podium. Hasil terbaiknya di atas motor RS-GP adalah finis di urutan keenam di Sirkuit Philip Island, Australia.

Iannone memang sempat menjadi rival berat Marc Marquez semasa tampil di Moto2 pada 2011 dan 2012, meskipun ia selalu berada di bawah Marquez dalam klasemen akhir. Ketika Marquez menjadi runner-up Moto2 2011, Iannone berada di posisi ketiga. Posisi Iannone juga masih sama ketika Marquez menjuarai Moto2 pada musim berikutnya.

Marquez kini sudah enam kali menjadi juara MotoGP. Sedangkan Iannone 'hanya' satu kali menang balapan dan 11 kali naik podium.

Kendati demikian, prediksi Pernat tersebut nampaknya bakal sulit terwujud. Tak hanya karena ia mendapat motor yang kerap menghuni papan bawah. Namun ia kini juga dipusingkan dengan kasus yang menjeratnya.

Sebagaimana diketahui, Iannone mendapat larangan balapan selama 18 bulan lantaran diduga menggunakan doping yang ditunjukkan dengan hasil tes urin. Pun demikian, ia masih berhak mengajukan banding lantaran ia punya bukti kuat bahwa ia negatif dari substansi terlarang usai menjalani tes rambut yang dinilai lebih akurat.

Artikel Tag: Andrea Iannone, Fabio Quartararo, Marc Marquez

1267  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini