Pandemi Belum Reda, Formula 1 dan MotoGP Australia Berpotensi Tukar Jadwal

Penulis: Abdi Ardiansyah
Selasa 23 Feb 2021, 13:20 WIB
MotoGP Australia

MotoGP Australia

Berita MotoGP: Jadwal seri balap Formula 1 dan MotoGP Australia berpotensi bertukar tempat akibat pandemi Covid-19 yang tak kunjung mereda.

Australian Grand Prix Corporation (AGPC) selaku panitia dari MotoGP dan F1 di Australia tersebut tengah memikirkan gagasan pertukaran jadwal.

Seri balap Formula 1 GP Australia yang berlangsung di Sirkuit Albert Park jadi pembuka musim kompetisi pada bulan Maret, sementara Sirkuit Philip Island yang menjadi tuan rumah seri balap MotoGP Australia mendapat jadwal pada bulan Oktober mendatang.

Sebagaimana dilaporkan oleh Motorsport.com, jadwal normal itu kemungkinan besar akan berubah pada tahun ini karena adanya pembatasan perjalanan ke luar negeri selama pandemi Covid-19.

Hal tersebut memaksa penyelenggaraan GP Australia 2021 mengalami penundaan hingga 21 November, dengan empat pekan setelah balapan MotoGP Australia 2021.

Menanggapi fakta ini, bos AGPC, Andrew Westacott mengatakan bahwa pihaknya kini terbuka dengan opsi pertukaran jadwal. Rencana itu bisa dibilang masuk akal lantaran AGPC menginginkan adanya jarak penyelenggaraan di antara balapan MotoGP dan F1 demi pengaturan dan penjualan tiket.

"Saya sangat bisa mengatakan bahwa tidak ada yang pasti terkait kalender tahun 2022. Kami selalu menikmati posisi kami dengan membuka balapan pada ajang F1. Hal itu cocok dengan kami dan menjadi pilar utama dalam kalender event besar di Melbourne."

"Saya juga bisa katakan bahwa perubahan alami saat ini, dengan event F1 pada bulan November, memberi kami kesempatan untuk melihat empat skenario lainnya.”

"Pertama, kedua event ditempatkan pada slot awal musim yakni Februari atau Maret. Kedua, sama-sama ditaruh pada slot akhir musim yaitu Oktober atau November. Ketiga, jadwal tradisional yakni F1 di awal dan MotoGP di akhir. Atau bisa juga bertukar tempat, MotoGP di awal dan F1 di akhir," tandasnya.

Hingga kini, masih belum ada yang mampu menjamin penyelenggaraan event MotoGP dan F1 2021 bisa terlaksana mengingat Australia masih menutup perjalanan dari dalam ke luar negeri. Sementara itu, siapapun yang masuk ke Australia diharuskan menjalani masa karantina selama 14 hari di hotel.

Regulasi ketat ini sangat kecil kemungkinannya berubah dalam waktu dekat. Perubahan aturan baru tersebut mungkin terjadi jika level vaksinasi sudah mencapai standar yang disarankan WHO. Australia baru memulai program vaksinasi pada hari ini, Senin (22/2), dan diharapkan tuntas pada bulan Oktober mendatang.

Artikel Tag: MotoGP Australia, Formula 1

362  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini