Pakai Setelan Awal Musim, Jorge Martin Kembali Unjuk Gigi di Catalunya

Penulis: Abdi Ardiansyah
Sabtu 11 Jun 2022, 05:05 WIB
Jorge Martin

Jorge Martin

Ligaolahraga.com -

Berita MotoGP: Jorge Martin menyebut set-up motor di balapan pembuka MotoGP 2022, MotoGP Qatar, berhasil membuatnya kembali menggila di MotoGP Catalunya akhir pekan lalu.

Tahun kedua Jorge Martin di MotoGP diawali dengan raihan yang jauh dari kata memuaskan. Pada balapan pembuka, pria asal Spanyol itu terlibat crash dengan Francesco Bagnaia sehingga gagal finis.

Lalu dalam seri MotoGP Indonesia di Sirkuit Mandalika, Martin terjatuh akibat lintasan yang licin. Ia lalu bangkit di Sirkuit Termas de Rio Hondo dengan mengamankan P2, diikuti posisi kedelapan di Austin. Setidaknya sang pebalap sukses meraih pole position di sana.

Faktanya, performa Martin di sesi kualifikasi pada empat balapan di luar Benua Eropa cukup meyakinkan. Pria berjuluk Martinator itu start masing-masing dua kali dari pole position dan P2.

Di Benua Eropa, ia justru tak mampu mengamankan posisi front row. Segalanya tidak berjalan baik bagi Martin sejauh ini. Rider Pramac Racing tersebut terjatuh di Portimao, finis di posisi paling buncit usai crash dan dijatuhi penalti 3 detik di Jerez, kecelakaan di Le Mans, dan isu girboks membuatnya hanya finis P13 di Mugello.

Jorge Martin baru bisa bernapas lega usai merebut podium kedua di MotoGP Catalunya. Kembalinya set-up balapan pertama musim ini, MotoGP Qatar, membuat rider berusia 24 tahun itu bisa kembali menemukan feeling.

“Saya masih Martin yang sama. Saya seorang pebalap yang benar-benar membutuhkan bagian depan untuk bisa membalap, oke, semua rider butuh itu, tetapi saya mungkin lebih banyak,” kata Martin dilansir dari Speedweek.

“Pada balapan-balapan sebelumnya saya tidak merasakan apa-apa di bagian depan (motor), saya sering jatuh dan tak tahu mengapa. Itu isu utama. Saya mulai kehilangan kepercayaan diri dan sangat lambat saat masuk tikungan,” ia menjelaskan.

“Kami kemudian memutuskan untuk kembali ke setelan standar dan feeling saya langsung kembali. Saya benar-benar senang dan siap untuk menghadapi masa depan,” lanjutnya.

“Saya menggunakan set-up untuk bagian depan yang mirip dengan Pecco (Bagnaia) – dari Jerez dan seterusnya,” tutur Martin.

“Tetapi saya lambat sejak Jerez, jadi kami kembali ke setelan standar saya dan rasanya seperti motor yang sama sekali berbeda dari FP1. Pada FP2 saya sudah hampir finis kedua – dan pada hari Minggu saya naik podium.”

“Saya pikir saya akan lebih sering ada di sana karena saya lebih percaya diri sekarang,” ucapnya dengan nada optimistis.

Artikel Tag: Jorge Martin, Prammac Racing, Ducati, MotoGP 2022

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/motogp/pakai-setelan-awal-musim-jorge-martin-kembali-unjuk-gigi-di-catalunya
819  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini