Nasib Sirkuit Mandalika Hanya Jadi Cadangan Ketiga MotoGP 2021

Penulis: Abdi Ardiansyah
Senin 23 Nov 2020, 11:55 WIB
Sirkuit Mandalika

Sirkuit Mandalika yang bakal menjadi tuan rumah MotoGP Indonesia 2021

Berita MotoGP:  Sirkuit Mandalika kini memang belum rampung dan masih dalam proses pembangunan. Sirkuit ini pun hanya akan menjadi trek pengganti nomor 3 untuk MotoGP 2021 mendatang.

MotoGP memang baru saja merilis jadwal resmi untuk kompetisi MotoGP musim depan dengan total 20 seri balapan. Namun beberapa balapan masih dimungkinkan untuk mengalami perubahan.

Selain Mandalika, dua lintasan balap lain di Eropa yakni Sirkuit Internasional Algarve (Portugal) dan Sirkuit Igora (Rusia) juga masuk dalam daftar trek pengganti untuk musim depan.

Awalnya, pihak Indonesian Tourism Development Corporation (ITDC) selaku pengelola Sirkuit Internasional Mandalika berharap trek milik mereka bisa masuk ke dalam daftar venue balap MotoGP 2021.

Namun, Dorna selaku promotor MotoGP memastikan bahwa lintasan balap di Lombok tersebut hanya masuk dalam daftar trek pengganti ketiga.

"Hari ini, kami punya 20 seri balap di dalam kalender dan itu tidak mungkin (untuk menggelar semuanya)," ujar CEO Dorna Carmelo Ezpeleta, sebagaimana dilansir dari Crash.

"Namun, jika ada hal yang membuat semuanya memungkinkan, kami akan mencoba untuk menempatkan Sirkuit Igora sebagai trek pengganti kedua, setelah Portimao (Sirkuit Internasional Algarve)," jelasnya.

Mengacu pada pernyataan Ezpeleta ini, Sirkuit Internasional Mandalika berarti ada di daftar tunggu urutan ketiga. Meski begitu, dengan adanya kemungkinan perubahan kalender kompetisi pada musim depan, kans Mandalika untuk menjadi tuan rumah seri balap MotoGP 2021 masih tetap terbuka, dengan catatan treknya sudah siap.

Saat ini, ITDC masih terus mengebut proses pembangunan sirkuit jalan raya tersebut. Mereka menargetkan Sirkuit Internasional Mandalika bisa rampung pada pertengahan tahun depan.

Bukan hanya sekadar terselesaikan, trek balap sepanjang 4,32 kilometer itu juga berharap bisa masuk ke dalam level FIA Grade 1, bukan hanya FIM Class A. COO interima ITDC Mark Hughes menilai Sikuit Internasional Mandalika adalah trek balap berkarakter cepat meski cuma punya tikungan kurang dari 17.

"Kami berbicara dengan sejumlah pembalap saat kami menjalani iterasi desain yang berbeda, mereka semua mengidentifikasi treak ini sebagai salah satu trek tercepat di kalender," tutur Mark Hughes.

Jika Sirkuit Mandalika bisa resmi masuk kalender balap MotoGP 2021, Mandalika diharapkan bisa menyedot kehadiran fans MotoGP sebanyak 150 ribu orang pada pekan balap.

Artikel Tag: sirkuit mandalika, MotoGP Indonesia, MotoGP 2021

8844  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini