Motor Makin Cepat, Jack Miller Minta Keamanan Sirkuit Ditingkatkan

Penulis: Abdi Ardiansyah
Jumat 10 Jun 2022, 03:20 WIB
Jack Miller

Jack Miller

Ligaolahraga.com -

Berita MotoGP: Jack Miller sadar kecepatan motor MotoGP terus bertambah di setiap musim sehingga keamanan sirkuit perlu ditingkatkan untuk menghindari hal yang tak diinginkan.

Kecepatan tertinggi (top speed) di kejuaraan MotoGP kembali tercipta usai dicatatkan oleh Jorge Martin di akhri pekan MotoGP Italia dengan angka 363,3 km/jam.

Itu merupakan hal yang sangat positif, sebab kerja keras semua kru Ducati akhirnya terbayar. Tetapi, ini juga bisa memberikan dampak buruk karena seluruh pabrikan jadi hanya fokus mencapai kecepatan tertinggi.

Meningkatnya kecepatan motor pun harus dibarengi oleh standar keamanan yang lebih baik di setiap trek yang menjadi tuan rumah balapan.

Hal ini juga akan menjadi sesuatu yang berbahaya ketika para pebap mentas di lintasan yang telah dibangun selama puluhan tahun. Pasalnya, mereka bakal memiliki area run off yang pendek dan dapat membahayakan keselamatan jika gagal melakukan pengereman.

Ini yang dikhawatirkan oleh Jack Miller, mengingat hingga akhir musim 2022 ia masih menjadi salah satu rider Ducati dan mengendarai motor Desmosedici GP yang dikenal unggul di trek lurus.

“Pada dasarnya sama, apakah Anda keluar dari tikungan terakhir atau Anda berada di ujung trek lurus. Fokusnya selalu pada zona pengereman berikutnya. Tidak banyak perbedaan seberapa cepat Anda sampai di sana,” katanya seperti dilansir dari Speedweek.

“Tentu saja sangat mengesankan melihat kecepatan ini ketika menganalisa data. Pada akhirnya, evolusi yang terjadi di setiap tahun dalam hal teknologi di MotoGP menjadi lebih baik,” imbuh pria asal Australia tersebut.

“Dan perbaikan akan terus berlanjut. Dinding pembatas pada kecepatan 300 km/jam biasanya menjadi hal besar. Kemudian meningkat menjadi 360 km/jam dan sekarang 363 km/jam atau semacamnya,” lanjutnya.

Masalah keamanan di MotoGP hingga kini terus menjadi bahan diskusi di paddock, terlebih setelah banyaknya pebalap berusia belia yang harus meregang nyawa akibat kecelakaan di sirkuit pada tahun lalu.

Jack Miller pun berharap sirkuit-sirkuit lama bisa mengikuti perkembangan teknologi motor dan memastikan para pebalap merasa nyaman dan aman setiap memacu motor dengan maksimal.

“Tentu saja peningkatan kecepatan mengesankan, dan kami juga berbicara tentang keamanan secara terus-menerus,” ujarnya.

“Misalnya di Mugello, dinding pembatas di sisi kanan sebelum Tikungan 1 harus sedikit dirombak. Tidak ada ruang yang cukup di sana,” tambah Miller.

“Dalam zona pengereman, motor mengarah sedikit miring ke arah dinding. Tapi secara keseluruhan, tidak ada perbedaan besar antara kecepatan 360 dan 370 km/jam,” ia menyimpulkan.

Artikel Tag: Jack Miller, Ducati, ktm, MotoGP 2022

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/motogp/motor-makin-cepat-jack-miller-minta-keamanan-sirkuit-ditingkatkan
649  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini