MotoGP Virtual Race Sukses Besar, Dorna Ingin Gelar Balap Virtual di Kelas Moto2, Moto3 dan MotoE

Penulis: Abdi Ardiansyah
Senin 13 Apr 2020, 13:20 WIB
MotoGP Virtual Race Sukses Besar, Dorna Ingin Gelar Balap Virtual di Kelas Moto2, Moto3 dan MotoE

Aksi para pebalap di MotoGP Virtual Race seri kedua di Red Bull Ring

Berita MotoGP: Managing Director Dorna Sports, Manel Arroyo, mengaku senang dengan kesuksesan MotoGP Virtual Race. Kini Dorna bertekad juga ingin menggelar balapan virtual di kelas Moto2 dan Moto3 bahkan juga MotoE.

MotoGP Virtual Race sengaja dihelat karena kompetisi balap yang sesungguhnya harus tertunda akibat pandemi virus corona (Covid-19).

Balap virtual tersebut telah dua kali digelar pada 29 Maret di Mugello dan  pada 12 April yang mengambil tempat di Red Bull Ring. Kedua seri ini masing-masing dimenangi Alex Marquez dan Francesco Bagnaia.

Arroyo pun menyatakan kesuksesan MotoGP Virtual Race ini jauh melebihi ekspektasi. Ini tak lepas karena MotoGP menurunkan para rider asli, bukan tokoh-tokoh lain seperti Formula 1 yang juga menurunkan selebriti atau atlet dari cabang olahraga lain.

"Balapan eSport telah lebih dari sekedar 'sukses'. Kami telah melakukan yang menurut kami masuk akal, mengingat ragam rider yang kami punya: mereka muda dan hobi mereka sudah termasuk main video game," ungkap Arroyo kepada The Race.

"Kami melakukan apa yang juga dilakukan kejuaraan olahraga lain, akan tetapi mereka tak melibatkan 'artis' utama, sementara kami melibatkan seluruh penghuni grid. Ini berarti, ketika menunggu balapan 'nyata', setidaknya kami bisa menyajikan jenis balapan lain," lanjutnya.

Sementara di lain sisi, Arroyo mengakui bahwa mengatur dan menggelar MotoGP Virtual Race bukanlah hal yang mudah karena staf Dorna dan para pebalap harus melakukan semua pekerjaan dari rumah, yang berarti sepenuhnya akan bergantung pada teknologi. Semua pun akhirnya sukses berkat andil semua pihak.

"Mengatur balapan ini lebih sulit. Kami harus melibatkan banyak orang dari sisi teknis, tapi ini hal yang disukai Dorna dan kami punya tim ahli yang sangat menakjubkan, jadi mereka mampu mengerjakannya dengan baik. Bagian tersulit adalah mencari momen yang tepat kapan para rider sedang punya waktu luang," tandasnya.

Ia menyatakan bahwa Dorna akan terus bertekad memberikan hiburan kepada penggemar selagi menunggu pandemi berakhir. Ia juga mengungkapkan bahwa para rider MotoGP telah meminta balapan virtual untuk diperbanyak, dan para rider Moto2, Moto3, MotoE juga mulai minta ikut dilibatkan.

"Apa yang kami coba lakukan adalah ambil keputusan masuk akal untuk kejuaraan ini, dan menghibur komunitas MotoGP. Kami juga berencana menggelar lebih banyak balapan, karena semua rider menikmatinya dan sudah minta lebih sering. Para rider di Moto2, Moto3, dan MotoE juga ingin ikut, jadi kami juga berencana melakukannya," pungkasnya.

Artikel Tag: motogp 2020, Virus Corona

1158  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini