Miguel Oliveira Sepakat Soal Ancaman Diskualifikasi Quaratararo

Penulis: Abdi Ardiansyah
Senin 07 Jun 2021, 20:35 WIB
Miguel Oliveira

Miguel Oliveira memenangkan MotoGP Catalunya 2021

Berita MotoGP: Rider Red Bull KTM, Miguel Oliveira, mendukung usulan sanksi diskualifikasi yang dilontarkan oleh legenda MotoGP, Casey Stoner terhadap pebalap yang tak memakai alat keselamatan saat balapan berlangsung.

Fabio Quaratararo sempat membuat heboh saat balapan MotoGP Catalunya akhir pekan lalu. Pasalnya resleting jaketnya terbuka dan membuang pelindung dadanya ketika balapan masih menyisakan tiga lap.

Menurut Oliveira, Quartararo seharusnya mendapat hukuman bendera hitam alias black flag pada balapan yang berlangsung di Circuit de Barcelona-Catalunya tersebut.

Sementara rider asal Prancis itu menjelaskan bahwa kejadian tersebut memang diluar kendalinya. Pelindung dadanya terlepas sendiri dan jaketnya tidak dapat ditutup sehingga bagian dadanya terbuka sampai melintasi garis finis.

Race director kemudian memberi hukuman kepada Fabio Quartararo berupa hukuman penalti 3 detik sebanyak dua kali, setelah sebelumnya ia memotong jalan di tikungan 1 dan 2. Sehingga, total hukuman penalti Quartararo mencapai 6 detik.

Akibat hukuman penalti 6 detik itu, Quartararo yang semula finis di urutan ketiga jadi turun tiga setrip dan hanya mendapat 10 poin.

Merespons kejadian ini, pebalp legendari MotoGP, Casey Stoner, mengecam tindakan Quartararo yang tidak mengedepankan keselamatan diri saat balapan. Saking geramnya, Stoner bahkan menilai race steward seharusnya mengibarkan black flag sebagai tanda diskualifikasi untuk Quartararo.

Pernyataan Stoner ini juga didukung oleh Miguel Oliveira yang menjadi pemenang dalam balapan tersebut. Ia menilai sanksi diskualifikasi semestinya menjadi opsi para race steward.

"Race director adalah pihak yang membuat keputusan. Saya tidak ingat hal ini terjadi pada masa lalu. Namun, jika menyangkut keselamatan pebalap, race director seharusnya membuat keputusan itu (diskualifikasi). Hal itu sudah sangat jelas terlihat di layar televisi bahwa jaket balapnya (Quartararo) tidak tertutup," kata Oliveira dikutip dari Motosan.es.

"Untuk keselamatan, harusnya black flag dikibarkan," pungkasnya.

Artikel Tag: Miguel Oliveira, Fabio Quartararo, Casey Stoner, motogp catalunya

1779  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini