Miguel Oliveira Ragu Bisa Taklukkan Phillip Island dalam Balapan Basah

Penulis: Abdi Ardiansyah
Sabtu 15 Okt 2022, 04:10 WIB
Miguel Oliveira

Miguel Oliveira

Ligaolahraga.com -

Berita MotoGP: Miguel Oliveira setuju dengan para pebalap yang mengatakan kondisi cuaca yang tidak pasti di MotoGP Australia dapat membuat mereka kesulitan melaju cepat.

Miguel Oliveira enggan disebut sebagai penakluk hujan setelah berjaya di MotoGP Indonesia dan MotoGP Thailand. Itu dikarenakan ia karena masih sering gagal tampil apik dalam kondisi trek basah.

Berdasarkan pengalamannya, tingkat ketidakpastian cuaca di Sirkuit Phillip Island cukup tinggi. Ini tentunya akan menyulitkan para peserta dalam menentukan setelan motor ideal.

“Saya tidak sering menyanyi dan berdoa untuk hujan. Dalam olahraga ini, 95 persen performa baik ditunjukkan dalam kondisi kering. Tapi pastinya, jika hujan, saya akan memanfaatkan keuntungan yang saya miliki,” ucap Oliveira, dikutip dari Motorsport.com.

“Tapi sejujurnya, saya pikir tidak punya keuntungan besar. Saya hanya kencang saat melompat ke atas motor dan langsung merasa nyaman di trek basah,” imbuhnya.

“Kalau Anda menganalisis balapan, fase awal ini selalu jadi keunggulan saya. Setelah itu, seperti situasi balapan yang normal ketika Anda melihat waktu lap, konsistensi dan kecepatan.”

“Pemosisian di trek sangat penting dalam kondisi basah, jadi Anda tidak berakhir di belakang banyak pebalap lain, bermasalah dengan tekanan ban atau menyerang di momen salah serta berbagai hal itu. Tapi, saya tidak melihat diri saya sebagai spesialis hujan,” jelas pria asal Portugal itu.

“Saya hanya melakoni beberapa balapan saat basah dan hanya menang dua kali. Jadi tidak, saya tidak mendoakan turun hujan.”

Bagi Miguel Oliveira, Sirkuit Phillip Island telah memberikannya beberapa kenangan manis. Ia pernah finis runner-up di Moto3 Australia 2012 dan menang tiga tahun kemudian.

Pada 2017 di Moto2, pebalap berusia 27 tahun tersebut kembali mengklaim peringkat teratas. Sayangnya, nasib baik tak berpihak kepada Oliveira saat mencicipi trek tersebut di atas motor MotoGP dua musim berikutnya.

Ia terjatuh di Tikungan 1 pada FP4 dan mengalami cedera cukup serius. Dokter lalu melarangnya untuk turun di balapan utama.

Ini membuat Oliveira memanfaatkan sesi latihan bebas untuk mempelajari lagi karakter Sirkuit Phillip Island. Sang rider pun menegaskan tak mau mematok target tinggi.

“Phillip Island selalu jadi trek istimewa saat berhubungan dengan cuaca. Selalu sedikit dingin dan akan memberi tantangan bagi semua untuk mengetahui bagaimana cara kami kencang di setiap sesi. Saya hanya ingin melakoni beberapa lap dengan bagus, terutama Jumat,” tuturnya.

“Saya di sini pada 2019 tapi tidak menyelesaikan akhir pekan secara keseluruhan. Jelas akan menyenangkan berkendara di sini dan mengetahui potensi kami,” ia menyimpulkan.

Artikel Tag: ktm, Miguel Oliveira, MotoGP Australia, MotoGP 2022

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/motogp/miguel-oliveira-ragu-bisa-taklukkan-phillip-island-dalam-balapan-basah
549  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini