Meski Terancam Batal, Dorna Tegaskan Tetap Memprioritaskan Gelar MotoGP-WSBK 2020

Penulis: Abdi Ardiansyah
Jumat 10 Apr 2020, 21:50 WIB
Meski Terancam Batal, Dorna Tegaskan Tetap Memprioritaskan Gelar MotoGP-WSBK 2020

MotoGP Prancis 2019.

Berita MotoGP: Dorna Sports menegaskan bahwa mereka kini tetap memprioritaskan menggelar balapan MotoGP dan WorldSBK 2020 meskipun kini merebak pandemi Covid-19.

Sebelumnya, Dorna sempat mengungkapkan bahwa MotoGP 2020 terancam batal jika kondisi kesehatan dunia tak kunjung pulih akibat pandemi virus corona. Hal itu pun menimbulkan rasa pesimistis banyak pihak.

Namun, Dorna Sports kembali merilis pernyataan resmi yang menegaskan bahwa pihaknya terus memprioritaskan kedua gelaran balap motor tersebut bisa tetap dihelat di musim ini.

Berikut ini pernyataan resmi Dorna Sports seperti yang dilansir dari laman resmi MotoGP.com dan WorldSBK.com.

"Pandemi virus corona tengah berlangsung dan telah mengakibatkan revisi kalender 2020 untuk MotoGP, termasuk penundaan atau penjadwalan ulang beberapa seri. Mengingat ketidakpastian yang terus berlanjut, Dorna Sports ingin meyakinkan bahwa balapan adalah prioritas utama kami pada 2020.”

"Di Dorna, kami masih menjalani diskusi berkelanjutan dengan FIM, IRTA, MSMA, dan promotor Grand Prix sembari memonitor kondisi dan situasi dengan cermat, tetap seterbuka mungkin untuk komunikasi dan dukungan dari tiap pilar olahraga ini. Tujuan setiap pihak yang terlibat adalah kembali balapan sesegera mungkin ketika situasinya aman.”

"Fokus utama kami adalah selalu dan akan terus mencoba menjalankan musim 2020 dengan sebanyak mungkin Grand Prix, mengakhiri musim juga pada tahun 2020. Pun demikian, kami akan selalu bertindak sesuai nasihat kesehatan dan keselamatan dari pemerintah dan pihak otoritas kesehatan relevan.

Meskipun demikian, pihaknya juga tak memungkiri bahwa MotoGP 2020 punya peluang untuk dibatalkan total.

"Jika pandemi ini terus menahan kehidupan dan olahraga kita lebih lama dari perkiraan, dan restriksi travel tetap dijalankan, mendiskusikan pembatalan musim 2020 akan jadi opsi terakhir yang akan dilakukan Dorna Sports dengan FIM, IRTA, dan MSMA.”

"Fokus utama kami pada WorldSBK juga sama, yakni mencoba menjalankan musim 2020 dengan sebanyak mungkin seri sekalinya situasi aman untuk digelar. Prioritas semua pihak yang terlibat adalah balapan, secara aman, dan membawakan apa yang dicintai penggemar kami: balap motor."

Hingga saat ini, sudah ada satu balapan dibatalkan dan enam seri lainnya ditunda. Untuk seri GP Jerez, Prancis, Italia, dan Catalunya masa depannya masih abu-abu lantaran belum mendapatkan tanggal penggantinya.

Sedangkan WorldSBK sendiri telah memulai kompetisi musim 2020 di Sirkuit Phillip Island, Australia, pada 28 Februari-1 Maret lalu, sementara sisa serinya masih ditunda dengan tanggal pengganti yang juga belum ditentukan sampai sekarang.

Artikel Tag: motogp 2020, Virus Corona

2580  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini