Max Biaggi Sebut Hukuman FIM Kepada Iannone Kontradiktif

Penulis: Abdi Ardiansyah
Selasa 07 Apr 2020, 13:20 WIB
Max Biaggi Sebut Hukuman FIM Kepada Iannone Kontradiktif

Max Biaggi mengenakan jersey tim Aprilia.

Berita MotoGP: Mantan pebalap MotoGP, Max Biaggi, mengaku turut tak habis pikir dengan hukuman larangan balapan 18 bulan yang diterima oleh Andrea Iannone akibat kasus dopping.

Andrea Iannone harus tersandung kasus dugaan penggunaan dopping lantaran ditemukannya substansi Drostanolone yang merupakan jenis steroid terlarang. Dalam pembelaannya, pengacara Iannone mengatakan bahwa kliennya menelan zat tersebut setelah memakan daging saat tur MotoGP di Asia.

Iannone pun telah menjalani tes rambut yang dinilai lebih akurat meskipun dengan biaya yang tak sedikit. Hasilnya menunjukkan tidak ditemukan subtansi tersebut sehingga rider Aprilia ini dinyatakan tak bersalah.

Alasan tersebut sebenarnya diterima oleh Federasi Balap Motor Internasional (FIM), tetapi Iannone tetap harus menerima hukuman lantaran dianggap menyalahi kode etik dengan ditemukannya positif mengandung drostanolone pada tes urin.

Eks pebalap MotoGP, Max Biaggi pun menilai hukuman yang diterima Iannone dari FIM tidak masuk akal.

"Iannone terbukti tidak mengonsumsi steroid secara sengaja, tetapi tetap mendapat hukuman. Bagi saya itu hal yang kontradiktif," kata Biaggi, dikutip dari Crash.

"Dia sudah jelas tidak bersalah tetapi tetap mendapat vonis. Menurut saya Aprilia harus meminta klarifikasi, mungkin dengan Pengadilan Arbitrase Olahraga (CAS)," tandasnya.

Biaggi juga punya alasan khawatir terhadap hukuman yang dijatuhkan kepada Andrea Iannone. Sebab, pebalap berusia 30 tahun itu terancam tidak bisa berlaga pada musim kompetisi MotoGP 2020.

Situasi tersebut dinilai bisa mematahkan semangat Iannone sehingga dapat berdampak pada performanya nanti.

"Hukuman semacam ini bukan saja tidak menyebalkan, tetapi juga merusak motivasi. Seorang atlet hidup untuk mempersiapkan dirinya berkompetisi dan mempertahankan kondisi fisik," tegasnya.

"Hal seperti ini akan membuat siapa saja putus asa. Saya harap dia akan lebih kuat dan punya cara mengatasi masalahnya,"  pungkas mantan rival Valentino Rossi tersebut.

Artikel Tag: Andrea Iannone, aprilia, Max Biaggi

1508  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini