Max Bartolini Bagian dari Proses Perubahan Yamaha

Penulis: Senja Hanan
Sabtu 02 Mar 2024, 16:36 WIB
Max Bartolini Bagian dari Proses Perubahan Yamaha

Max Bartolini Bagian dari Proses Perubahan Yamaha

Ligaolahraga.com -

Berita MotoGP: Kedatangan mantan insinyur Ducati Marco Nicotra, Oktober lalu, dan Max Bartolini, pada bulan Januari, menandai 'fase ketiga' dalam perubahan baru Yamaha di MotoGP.

Meskipun Yamaha merebut gelar juara dunia bersama Fabio Quartararo pada tahun 2021, momentum telah berpihak pada Ducati pada paruh kedua musim ini. Kebangkitan pabrikan Eropa - Ducati, KTM dan Aprilia - telah membuat pabrikan Jepang kewalahan.

Honda tidak pernah menang pada tahun 2022 dan Yamaha pada tahun 2023, ketika merek-merek yang dulunya perkasa hanya terpaut 11 poin di bagian belakang klasemen konstruktor. Kedua pabrikan Jepang tersebut menerapkan perubahan besar, yang dalam kasus Yamaha dimulai dengan mempekerjakan mantan desainer mesin F1 Luca Marmorini pada tahun 2022.​

Lin Jarvis, Managing Director Yamaha Racing, menjelaskan: “Kedatangan Max [Bartolini] adalah bagian dari keseluruhan proses yang mungkin dimulai pada tahun 2022 ketika kami mengambil kontrak dengan Marmotors. Bersama Luca Marmorini dan tim insinyurnya, untuk membantu kami mengembangkan mesin."

“Untuk melihat ke luar Jepang, lihatlah di luar kebiasaan kami, dapatkan pengetahuan baru dan dapatkan tenaga kerja tambahan. Itu adalah fase pertama. Kemudian fase kedua mungkin jauh lebih baru, Agustus lalu, ketika kami memulai kontrak kolaborasi dengan Dallara. Yang merupakan spesialis aerodinamis otomotif yang cukup terkenal. Dan mereka mulai membantu kami dalam hal aerodinamika karena sejujurnya, kami cukup tertinggal dalam hal aerodinamika."

“Kemudian bagian ketiga dari proses tersebut mungkin terjadi ketika kami merekrut Marco Nicotra dari Ducati dan dia sekarang menjadi kepala departemen aerodinamika baru kami yang berbasis di Italia. Jadi dia bergabung dengan kami pada bulan Oktober. Dan sekarang kami bisa mendapatkan Max Bartolini, yang bergabung dengan kami pada bulan Januari tahun ini," tambahnya.

Artikel Tag: Monster Energy Yamaha, Max Bartolini

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/motogp/max-bartolini-bagian-dari-proses-perubahan-yamaha
405  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini