Maverick Vinales Akui Bisa Melesat dengan Motor Aprilia Meski Tak Nyaman

Penulis: Abdi Ardiansyah
Senin 01 Nov 2021, 22:25 WIB
Maverick Vinales

Maverick Vinales

Ligaolahraga.com -

Berita MotoGP: Maverick Vinales mulai merasakan hal aneh ketika menggeber motor Aprilia RS-GP, ia mengaku dapat melaju cepat meski kurang nyaman dengan tunggangannya itu.

Sebuah keputusan mengejutkan dibuat oleh Maverick Vinales ketika memilih Aprilia sebagai tempat barunya untuk bernanung. Padahal sebelumnya ia membela Yamaha, tim yang sudah pernah menorehkan beragam prestasi di MotoGP.

Kepindahan Vinales ke pabrikan asal Noale, Italia, itu diyakini bakal menjatuhkan kariernya sebagai pebala kelas utama. Akan tetapi rider asal Spanyol itu tampaknya mulai menemukan kebahagiaan dengan motor barunya, RS-GP.

Pada seri MotoGP Emilia Romagna dua pekan lalu, ia berhasil finis kedelapan dengan selisih waktu 18,607 detik dari Marc Marquez yang keluar sebagai pemenang perlombaan. Pencapaian Vinales di Misano pun menjadi hal positif baginya setelah memulai balapan dari urutan ke-19.

Rekan setim Aleix Espargaro itu mengaku sempat mengalami kesulitan di fase awal perlombaan dan harus berusaha keras untuk beradaptasi dengan perubahan set-up pada motor RS-GP.

"Bagian pertama balapan selalu sulit ketika Anda mulai dari belakang dan saya harus mengatakan bahwa sejujurnya saya tidak terbiasa memulai dari posisi itu dan itu sulit bagi saya," kata Vinales, dilansir dari The-Race.

"Saya harus membiasakan diri, tetapi saya harap itu tidak sering terjadi. Tapi itu sulit. Sulit bagi saya untuk memilih line, melewati dengan cepat, dan kemudian saya kehilangan waktu dari pebalap lain,” jelasnya.

Maverick Vinales kemudian mengungkapkan bahwa dirinya mampu menunjukkan peningkatan pada pertengahan balapan MotoGP Emilia Romagna dan memperbaiki catatan waktunya.

Ia menyelesaikan perlombaan dengan berada di urutan keempat dalam hal mencatatkan fastest lap. Hal tersebut lantas disebut Vinales sebagai semacam anomali.

Pasalnya rider berusia 26 tahun itu merasa kurang nyaman saat menggunakan set-up motor RS-GP, namun nyatanya ia bisa tampil kencang di lintasan.

"Perubahan set-up pada keseimbangan motor. Saya mencoba menemukan diri saya di atas motor, terkadang merasa nyaman dan kadang tidak nyaman. Akhir pekan ini sangat sulit karena kondisinya berubah sepanjang waktu dan entah bagaimana sulit untuk mengembangkan diri atau meningkat dengan kondisi seperti ini,” ucap Vinales.

"Kami mengubah keseimbangan berat motor dan rasanya jauh lebih baik. Saya perlu meningkatkan rem, karena ini sangat berbeda. Cara pengereman dari dua motor yang saya gunakan tahun ini sangat berbeda dan saya masih harus lebih percaya diri, tetapi di Misano kami membuat peningkatan besar dalam kepercayaan diri,” ia mengungkapkan.

"Saya tidak merasa nyaman dengan motor dan saya bisa menjadi yang kedua atau ketiga di lap tercepat,” lanjutnya.

"Selalu dengan situasi begini saya tidak merasa nyaman, tetapi saya masih bisa membalap dengan cepat, dan saya sangat penasaran untuk melihat apa yang bisa saya lakukan dengan motor ini ketika saya merasa nyaman di lintasan," tutup Vinales.

Artikel Tag: Maverick Vinales, MotoGP 2021, aprilia

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/motogp/maverick-vinales-akui-bisa-melesat-dengan-motor-aprilia-meski-tak-nyaman
1735  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini