Marquez Komentari Pebalap Muda yang Terlalu Cepat Naik Kelas ke MotoGP

Penulis: Abdi Ardiansyah
Rabu 15 Mei 2019, 23:25 WIB
Marquez Komentari Pebalap Muda yang Terlalu Cepat Naik Kelas ke MotoGP

Marc Marquez, Repsol Honda.

Berita MotoGP: Marc Marquez mengomentari para pebalap muda yang terlalu cepat naik kelas ke MotoGP. Meski tak terlalu mempermasalahkan hal tersebut, namun ia menilai mental para pebalap muda masih belum cukup siap

Marc Marquez naik kelas ke MotoGP dengan usia yang sangat muda, tepatnya di usia 20 tahun pada musim 2013 silam. Akan tetapi, kedatangannya ke kelas MotoGP pun tidak sembarangan. Kendati berusia sangat muda, The Baby Alien itu telah mengoleksi gelar juara dunia di Moto2 pada 2012.

Sementara situasi yang terjadi saat ini sedikit berbeda. Para pebalap yang naik kelas ke MotoGP tak terlalu mempedulikan gelar juara dunia di Moto2, bahkan di usianya yang masih muda mereka dipercaya untuk menggeber motor kelas premier.

Hal itu pun dianggap Marquez sebagai hal yang berisiko. Kendati ia sendiri tak terlalu peduli dengan hal itu, tetapi Marquez memperingatkan para pebalap yang terlalu dini naik kelas untuk tetap waspada. Pasalnya, jika mereka tidak cepat beradaptasi, mereka kemungkinan juga akan cepat tersingkit.

“Para pebalap muda tiba di MotoGP pada usia yang sangat muda, karena banyak dari mereka memiliki bakat yang baik dan saya masih muda ketika saya pindah kelas. Tetapi saya mengatakan apabila saya ingin naik kelas, saya harus memenangkan gelar di Moto2,” beber Marquez dikutip dari Motorsport-Total.

“Sekarang banyak pebalap muda yang naik daun dan langsung naik ke MotoGP. Itu adalah sesuatu yang membawa risiko, karena mereka yang tidak bisa cepat beradaptasi bisa kehilangan tempat duduk mereka,” ujar sang tujuh kali juara dunia grand prix itu.

Musim ini, ada banyak sekali para pebalap muda, diantaranya Fabio Quartararo berusia 20 tahun, diikuti Joan Mir (21 tahun), Francesco Bagnaia (22 tahun), dan Miguel Oliveira (24 tahun).

Sementara dari keempat pebalap tersebut, yang pernah meraih gelar juara dunia Moto2 hanyalah Bagnaia. Tetapi dari sederetan para rookie tersebut, sejauh ini yang menunjukkan performa paling memukau adalah Quartararo dengan raihan pole position di MotoGP Spanyol 2019.

Artikel Tag: Marc Marquez, MotoGP 2019, Honda

4444  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini