Marc Marquez Tuding Covid-19 Bikin Pabrikan Jepang Melempem

Penulis: Abdi Ardiansyah
Minggu 27 Nov 2022, 23:55 WIB
Marc Marquez

Marc Marquez

Ligaolahraga.com -

Berita MotoGP: Marc Marquez mengakui aktivitas pabrikan Jepang terganggu oleh virus Covid-19 dan hal tersebut mempengaruhi cara kerja serta komunikasi mereka.

Marc Marquez telah menjadi bagian dari Honda sejak 2013 lalu. Namun pabrikan berlogo sayap tunggal mengalami kemerosotan performa dalam tiga tahun terakhir.

Tak hanya Honda, pabrikan Jepang lain seperti Suzuki dan Yamaha juga dilanda hal serupa. Ketiganya pun dipaksa untuk tunduk pada Ducati yang merupakan pabrikan Eropa.

Itu bukan hanya terjadi di kejuaraan MotoGP, tapi juga di World Superbike (WSBK). Kampiun tahun ini, Alvaro Bautista, merupakan wakil dari pabrikan asal Borgo Panigale.

Menurut Marc Marquez, pandemi Covid-19 yang mayoritas menjangkiti warga Asia, membuat aktivitas pabrikan Jepang jadi terganggu. Akibatnya komunikasi antar anggota tim jadi kurang optimal.

“Secara global, pandemi telah memengaruhi olahraga kami. Setelah musim berakhir, kami melihat bahwa pabrik-pabrik Asia – Honda, Yamaha, dan Suzuki – menjadi yang paling terpukul,” tuturnya dilansir dari laman Paddock GP.

“Saya pikir itu memukul mereka sangat keras karena pada 2020 dan 2021 mayoritas kejuaraan diadakan di Eropa,” ia mengimbuhkan.

“Insinyur dari Asia datang ke Eropa dan tinggal di sini. Mereka sudah tidak ada lagi di pabrik, jadi komunikasi dan level pekerjaan lebih sulit,” jelas Marquez.

Kendati demikian, The Baby Alien menegaskan hal tersebut tidak bisa dijadikan alasan. Bagaimanapun semua pabrikan perlu fleksibel dengan kondisi lingkungan sekitarnya dan dituntut untuk cepat menyesuaikan diri.

“Anda juga harus beradaptasi dengan lingkungan, kalau tidak Anda akan tersalip. Mungkin karena protokol dan semua itu, jadi ada keadaan yang lebih besar yang tidak bisa mereka adaptasi. (Kini) Honda bekerja dan mereka terus bekerja karena negara mereka juga sudah kembali normal,” tutup Marquez.

Artikel Tag: Marc Marquez, Honda, MotoGP 2022

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/motogp/marc-marquez-tuding-covid-19-bikin-pabrikan-jepang-melempem
659  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini