Marc Marquez Tak Perlu Pura Pura Telah Temukan Kembali Ritme Balapnya

Penulis: Abdi Ardiansyah
Kamis 13 Mei 2021, 21:45 WIB
Marc Marquez

Marc Marquez

Berita MotoGP : Eks pebalap MotoGP, Kevin Schwantz, menyarakan Marc Marquez supaya tidak berpura pura sudah kembali ke kemampuan balapnya sebelum mengalami cedera.

Cedera parah humerus lengan kanan membuat Marc Marquez, pebalap Repsol Honda, absen dari hingar bingar balapan motor kelas premier selama sembilan bulan. Usai melewati berbagai tahap latihan, Marquez akhirnya kembali turun di balapan ketiga musim MotoGP musim ini, MotoGP Portugal.

Saat balapan di Sirkuit Algarve, ia finis di urutan ketujuh dengan selisih waktu 13 detik dari Fabio Quartararo, yang menjadi peraih podium utama.

Kemudian ketika tampil di Jerez, pebalap asal Spanyol itu mampu memangkas selisih waktu dengan Jack Miller, 10,4 detik, dan berada di posisi lebih rendah dari balapan sebelumnya. Dalam kondisi normal, posisi tersebut tidak mungkin diduduki oleh Marquez.

Eks pebalap MotoGP, Kevin Schwantz, ikut menyoroti hal tersebut dan meminta pemakluman publik karena Marquez masih berada dalam periode adaptasi, setelah tidak balapan sekian lama. Perlu waktu untuk kembali ke kemampuan sebelumnya.

“Marc sudah absen selama sembilan bulan, sangat lama dia tak balapan atau berada di tengah grup seperti salah satu di MotoGP, terutama di lap pertama,” ujar Schwantz kepada podcast Motorsport Network, Tank Slappers.

“Memang benar bahwa sebelum Portugal, dia berlatih motor jalanan, tapi akselerasi, tenaga pengereman dan retensi prototipe MotoGP adalah sesuatu yang harus Anda biasakan. Saya tidak berpikir balapan di Jerez seperti yang dia harapkan karena dia sangat kencang di sana,” tambahnya.

“Entah bagaimana, sinyal yang datang menunjukkan bahwa dia akan membutuhkan lebih banyak waktu untuk kembali ke posisi aslinya,” ungkap Schwantz.

Juara MotoGP 1993 bersama Suzuki tersebut berbicara sesuai pengalamannya saat mengalami cedera. Ia menyarankan agar Marquez berjalan selangkah demi selangkah, apalagi sempat terjatuh saat balapan di Jerez.

“Di Jerez, sebagai tambahan, dia jatuh lagi. Dia mengalami pukulan sangat keras (Sabtu), dan itu akan memperlambat kemajuan. Marc tidak bisa keluar selama hampir setahun, kembali dan berpura-pura tidak kehilangan ritmenya,” katanya menyarankan.

Di masa lalu, ia punya trik untuk kembali melaju cepat setelah mengalami cedera, seperti naik motor secepatnya dan berkonsentrasi pada kecepatan.

“Di hari-hari saya, setelah absen satu atau dua balapan karena cedera, saya punya feeling bahwa itu akan butuh waktu lama untuk kembali ke potensi saya 100 persen. Saya mencoba kembali ke motor secepatnya agar kepala saya terbiasa dengan akselerasi dan mencoba tidak hilang persepsi,” jelas pria asal Amerika itu.

“Ini akan sulit, tapi jika ada orang yang mampu menghadapi tantangan yang ada di depan. Itu adalah Marc,” tutupnya.

Artikel Tag: Marc Marquez, repsol honda, MotoGP 2021, Kevin Schwantz

18015  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini