Marc Marquez Kembali Gunakan Strategi Slipstream Saat Kualifikasi

Penulis: Abdi Ardiansyah
Minggu 06 Jun 2021, 11:30 WIB
Marc Marquez

Marc Marquez

Berita MotoGP: Marc Marquez kembali menggunakan strategi slipstream dengan membuntuti Jack Miller saat kualifikasi MotoGP Catalunya, namun hal tersebut tak membuahkan hasil.

Pada seri balapan sebelumnya, MotoGP Italia, Marc Marquez menggunakan strategi slipstream atau membuntuti pebalap lain. Saat itu, Marquez membuntuti Maverick Vinales (Monster Energy Yamaha) untuk bisa lolos kualifikasi 2 (Q2).  Hasilnya, pebalap Repsol Honda itu sukses lolos tahapan selanjutnya dengan membuntuti Vinales yang kesal dengan ulahnya tersebut.

Strategi itu pun digunakan kembali pada sesi kualifikasi MotoGP Catalunya yang digelar di Sirkuit Catalunya, Sabtu (5/6/2021).  Pebalap yang menjadi sasaran Marquez kali ini adalah Jack Miller (Ducati Lenovo Team). Meski dibuntuti terus oleh pebalap asal Spanyol itu, Miller tak sedikitpun merasa terganggu dan malah menunjukkan sedikit candaan.

Ia mengatakan bahwa berapa bayaran yang bisa didapatkan atas bantuan yang telah diberikannya kepada Marquez. Usaha tersebut kemudian berbuah hasil dan ia berada di urutan kedua saat menit-menit akhir sesi Q1.

Pebalap berjuluk The Baby Alien itu hampir mendapatkan tiket untuk lolos ke Q2 bersama Miller yang mencatatkan waktu tercepat di sesi Q1.

Meski begitu, Marquez dikalahkan oleh rekan setimnya, Pol Espargaro, yang mencetak waktu lebih cepat. Espargaro berhasil menggusur Marquez dari urutan kedua dan membuatnya lolos bersama Miller menuju sesi Q1. Alhasil, Marc Marquez akan memulai balapan dari urutan ke-13 setelah kalah dari Espargaro.

Ia sendiri menjelaskan bahwa strategi slipstream yang digunakan kepada Miller telah dibicarakan sebelum rangkaian hari kedua dimulai.

"Kemarin saya bersama Miller di mobile clinic dan kami membicarakan itu (slipstream) dengan tidak terlalu serius," kata Marquez dikutip dari Box Repsol.

"Pada akhirnya, saya harus melakukannya, dan saya senang dengan lap time yang saya buat. Saya tahu tidak benar melakukan itu, tapi saya melakukan lap time yang bagus," sambungnya.

Ia juga mengaku tak terlalu kecewa dengan strategi slipstream yang gagal membantunya lolos ke sesi Q1 karena situasinya akan sama pada balapan mendatang.

"Saya tidak kecewa karena tidak lolos Q2 karena segalanya tidak akan banyak berbeda jika saya melakukannya. Kualifikasi 13 atau 11 tidak terlalu banyak mengubah situasi saya," ujar Marquez.

Artikel Tag: Marc Marquez, Jack Miller, MotoGP 2021, motogp catalunya

4196  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini