Marc Marquez Disebut Masih Akan Tetap Jadi Andalan Repsol Honda

Penulis: Abdi Ardiansyah
Sabtu 06 Feb 2021, 22:55 WIB
Marc Marquez, Repsol Honda

Marc Marquez

Berita MotoGP: Marc Marquez dinilai tetap menjadi satu-satunya andalan tim Repsol Honda untuk keluar dari krisis yang melanda sejak awal MotoGP 2021.

Ketidakhadiran Marc Marquez selama satu musim penuh memang membuat Repsol Honda kelabakan. Skuat asal Tokyo ini bahkan bisa dibilang mengalami krisis lantaran jarang meraih hasil apik di setiap seri balap.

Repsol Honda bahkan dari yang awalnya selalu menjadi penguasa, berubah menjadi tim medioker serta berstatus puasa kemenangan. Tidak bisa dipungkiri, bahwa kehadiran Marquez menjadi sangat krusial bagi Honda.

Marquez memang selalu jadi andalan Honda yang mampu mempersembahkan prestasi tertinggi bagi Repsol Honda dalam beberapa musim terakhir di MotoGP. Absennya Marquez pada musim lalu membuat Honda mengalami paceklik kemenangan setelah menjadi penguasa MotoGP dalam empat musim sebelumnya.

Honda sebenarnya telah melakukan penyesuaian dengan pebalap mereka lainnya. Hasilnya sudah terlihat dengan keberhasilan Alex Marquez dan Takaaki Nakagami ikut bersaing di grup terdepan pada paruh musim kedua.

Kendati demikian, demi mampu mengamankan gelar diperlukan rider yang mampu membawa jaminan kemenangan layaknya Marc.

Mantan pebalap sekaligus pengamat MotoGP, Michael Laverty, menilai kembalinya Marquez akan mengeluarkan Honda dari masalah.

"Jika kondisi Marc Marquez kembali prima pada awal musim, kita tahu dia bisa mengatasi masalah Honda dengan baik," ucap Michael Laverty sebagaimana dilansir dari Motosan.

Kembalinya Marquez ke lintasan sejatinya masih belum bisa dipastikan lantaran kondisinya yang belum pulih sepenuhnya. Marquez masih berpacu dengan waktu untuk memulihkan cedera tulang humerus di lengan kanannya. Perjuangan Marquez untuk sembuh memang berat.

Marquez terhitung sudah tiga kali naik meja operasi dengan operasi terakhir terjadi pada awal Desember silam. Jika masa pemulihan Marquez ternyata berjalan lebih lama, Honda pun harus mengandalkan amunisi yang tersedia.

Rider baru tim Repsol Honda, Pol Espargaro, yang baru saja pindah dari KTM pun diprediksi Laverty bakal mampu menunjukkan performa yang kompetitif.

"Sepertinya motor Honda lebih mudah untuk dikendarai pada akhir musim lalu, jadi dengan Pol bergabung bersama Marc, ini menjadi dinamika yang bagus," ucap Laverty.

"Mereka akan menemukan cara untuk semakin menyempurnakan motornya dan mendapatkan performa yang lebih baik lagi. Akan tetapi, saya tertarik melihat Pol beradaptasi dari KTM ke Honda," tukasnya.

Artikel Tag: Marc Marquez, repsol honda

774  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini