Lorenzo Ungkap Kunci Sukses Francesco Bagnaia di MotoGP Inggris

Penulis: Abdi Ardiansyah
Senin 08 Agu 2022, 23:05 WIB
Francesco Bagnaia

Francesco Bagnaia

Ligaolahraga.com -

Berita MotoGP: Eks pebalap MotoGP, Jorge Lorenzo, menyebut perubahan kecepatan motor Ducati Desmosedici GP22 yang agresif membuat Francesco Bagnaia melesat di Silverstone.

Keberhasilan tim pabrikan Ducati dalam menguasai akhir pekan MotoGP Inggris dengan performa impresif nan efisien terus menjadi perbincangan banyak orang. Salah satunya dari eks pebalap MotoGP, Jorge Lorenzo.

Padahal Lorenzo sebelumnya mengaku menjagokan Aleix Espargaro sebagai pemenang di Silverstone. Namun sayang rider andalan Aprilia tersebut mengalami kecelakaan hebat di FP4 sehingga memengaruhi performanya di kualifikasi (grid keenam) dan balapan utama (finis P9).

Lorenzo kemudian mengagumi apa yang sudah dilakukan oleh Francesco Bagnaia dalam upayanya menempati podium teratas di MotoGP Inggris.

“Apa yang sudah ditunjukan Pecco (Bagnaia) membuat saya senang karena kemenangan ini direbut saat dirinya tidak difavoritkan untuk bisa naik podium utama,” katanya dikutip dari Motorsport.com.

“Pecco hanya berada di grid kelima kualifikasi, dengan kecepatan terbaiknya. Saya melihat kunci sukses Pecco ada pada akselerasi yang agresif,” ia mengimbuhkan.

“Ini menjadi kemenangan pertama Pecco, saat dirinya tidak mampu menjadi yang tercepat sepanjang sesi-sesi sebelum balap di akhir pekan. Sebelumnya, ia selalu mampu mendominasi sesi Jumat dan atau Sabtu.”

“Pecco dulu juga selalu lolos atau berduel langsung dengan Marc Marquez seperti yang terjadi di Aragon tahun lalu, saat ia merebut kemenangan pertamanya.”

“Tetapi, sebelum di Silverstone ini, Pecco tidak pernah bertarung keras merebut kemenangan dari posisi start yang terbilang cukup jauh seperti di GP Inggris,” tegas Lorenzo.

Sekira dua pekan ke depan, MotoGP akan menyambangi Red Bull Ring. Sirkuit yang hanya memiliki panjang 4,318 km tersebut selama ini menjadi trek favorit Ducati karena punya banyak lintasan lurus.

“Jika cuaca normal, jujur, akan sangat sulit mengalahkan mereka di sana. Ducati selalu menang di sana sejak 2016,” ungkapnya.

“Red Bull Ring ini tipe sirkuit yang butuh full throttle hingga 30% dari panjang lintasan. Sementara sirkuit-sirkuit lainnya hanya butuh antara 12% sampai 15%.”

“Ini sirkuit model all-engine kesukaan Ducati karena selain cepat juga memiliki sebuah titik pengereman ekstrem yang membutuhkan jarak pengereman sangat dekat dengan tikungan. Butuh traksi besar untuk berakselerasi keluar dari tikungannya.”

“Walau Red Bull Ring trek favorit Ducati, jika hujan ceritanya bisa lain. Apalagi, gap top speed Ducati saat ini tidak lagi 10 km/jam seperti beberapa tahun lalu tetapi hanya di kisaran 2 km/jam sampai maksimum 5 km/jam,” ia menyimpulkan.

Artikel Tag: Francesco Bagnaia, Ducati, MotoGP 2022

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/motogp/lorenzo-ungkap-kunci-sukses-francesco-bagnaia-di-motogp-inggris
1567  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini