Lorenzo Kisahkan Kegagalannya Rebut Titel Juara MotoGP Akibat Terlalu Keras Kepala

Penulis: Abdi Ardiansyah
Minggu 12 Apr 2020, 15:40 WIB
Lorenzo Kisahkan Kegagalannya Rebut Titel Juara MotoGP Akibat Terlalu Keras Kepala

Jorge Lorenzo bersaing dengan Valentino Rossi di MotoGP 2009.

Ligaolahraga.com -

Berita MotoGP: Jorge Lorenzo mengisahkan soal kegagalannya merebut titel juara MotoGP 2009. Ia mengaku terlalu keras kepala saat melawan Valentino Rossi di MotoGP Catalunya.

Lorenzo saat itu hanya bisa finis di posisi kedua pada balapan yang digelar di Sirkuit Catalunya, Barcelona, tersebut. Hasil balapan itu membuat Valentino Rossi naik ke puncak klasemen dan menyalip posisi Jorge Lorenzo setelah sebelumnya, mereka sama-sama mengoleksi 106 poin.

Kemenangan Rossi di GP Catalunya juga menjadi titik awalnya sukses mengunci titel juara dunia MotoGP 2009.

Lorenzo pun menceritakan bahwa saat itu ia tak menyangka Rossi akan menyalipnya pada tikungan terakhir. Rider berjuluk Por Fuera tersebut mengatakan kejadian itu tak lepas dari usianya yang masih muda dan minim pengalaman.

"Saya tidak mengira Rossi akan melakukan manuver tersebut, tetapi ada bagian dari diri saya sudah menduganya. Hanya saja, saya terlalu keras kepala untuk menutup jarak dan mengubah gaya membalap," ujar Lorenzo dilansir dari Crash.

"Saya tak tahu harus melakukan apa sehingga Rossi mengambil keuntungan," lanjutnya.

Lorenzo mengaku belajar banyak dari kejadian tersebut, terutama setelah ia pindah ke Ducati pada 2017.

"Pada 2009 saya masih berusia 22 tahun dan pengalaman saya masih sedikit. Valentino kala itu sudah berusia 30 tahun dan banyak pengalaman. Ia selalu lebih berpengalaman dari saya," jelasnya.

"Saya baru meningkatkan performa dan paham cara mengerem saat di Ducati. Ketika di Yamaha, dia mengerem dengan lebih baik, sementara saya lebih baik ketika di tikungan," pungkasnya.

Kendati demikian, usai hijrah dari Yamaha ke Ducati dan Honda, perjalanan karier Lorenzo perlahan mulai meredup hingga akhirnya ia memilih pensiun pada akhir musim 2019 lalu. Kini, Lorenzo kembali ke Yamaha namun hanya sebagai pebalap penguji.

Artikel Tag: Jorge Lorenzo, Valentino Rossi, yamaha

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/motogp/lorenzo-kisahkan-kegagalannya-rebut-titel-juara-motogp-akibat-terlalu-keras-kepala
3083  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini